Cukup efektif dengan memelihara ikan cupang dalam pencegahan DBD
Jakarta (ANTARA) - Warga Kelurahan Rawasari, Jakarta Pusat menerima 1000 ikan cupang guna mencegah perkembangan jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam kegiatan Jumat Keliling (Jumling) di pos RW 05, Jumat.

1000 ikan cupang tersebut berasal dari budidaya yang dilakukan salah seorang warga Rawasari bernama Salomo Pangaribuan yang pemberiannya disambut secara antusias oleh kader-kader juru pemantau jentik (Jumantik) dan Kepala Lurah Rawasari Rahmat Hidayat.

"Cukup efektif dengan memelihara ikan cupang dalam pencegahan DBD. Taruh di sebuah kolam atau pun baskom serta jenis lainnya. Jadi kalau nyamuk, mau bertelur di tempat ikan, pasti langsung dimakan jentiknya oleh ikan," kata Rahmat Hidayat saat ditemui dalam acara pembagian ikan cupang kepada kader-kader Jumantik.

Baca juga: Cegah DBD, Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara gelar kerja bakti

Para kader Jumantik yang hadir secara langsung disebar ke rumah-rumah warga untuk memberikan ikan cupang yang sudah dikemas menggunakan plastik.

Tidak hanya memelihara ikan cupang, Rahmat turut menghimbau warganya untuk melakukan pencegahan DBD dengan menanam tanaman untuk mengusir nyamuk.

"Seperti tutup tempat yang dapat menampung air, bersihkan air tempat penampung air dispenser atau kulkas jangan sampai ada air. Yang penting jaga kebersihan lingkungan sekitar, tambahkan tanaman lavender dan sereh juga bisa mengusir nyamuk," kata Rahmat.

Baca juga: Camat di Jakarta Utara berkoordinasi dengan RT/RW untuk cegah DBD

Seperti yang diketahui, pencegahan DBD di wilayah Jakarta Pusat merupakan salah satu program yang disiapkan menjelang musim penghujan.

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara pencegahan DBD harus dilakukan agar tidak memakan korban ketika musim penghujan tiba.

"Terkait dengan peningkatan DBD, begitu hujan pertama kalo pasti akan banyak nyamuk yang menetas dan menjadi dewasa. Nah kita harus antisipasi itu," kata Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara usai rapat pimpinan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (22/10).

Baca juga: Kelurahan Cipete Utara gelar lomba PSN cegah DBD

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019