Ketiga program prioritas tersebut akan kami perjuangkan sekuat tenaga melalui anggota kami di Alat Kelengkapan Dewan (AKD), kata Fathan Subchi
Jakarta (ANTARA) - Memasuki usia 20 tahun pada Oktober tahun ini, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR fokus memperjuangkan tiga program prioritas yang merupakan amanat Muktamar PKB di Bali.

Program prioritas tersebut adalah memperkuat ekonomi kerakyatan, memperkuat dakwah sosial, dan meningkatkan kualitas pendidikan demi tercapainya sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Ketiga program prioritas tersebut akan kami perjuangkan sekuat tenaga melalui anggota kami di Alat Kelengkapan Dewan (AKD)," kata Sekretaris FPKB DPR RI Fathan Subchi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: FPKB: Kinerja anggota DPR perlu disorot media

Apalagi, lanjut Fathan, dalam periode ini FPKB berhasil menempatkan kadernya sebagai ketua Komisi VI yang peduli pada penguatan ekonomi kerakyatan dan ketua Komisi X yang fokus pada peningkatan pendidikan berkualitas.

Fathan mengatakan, FPKB DPR dalam beberapa tahun terakhir berhasil mengawal lahirnya beberapa aturan perundangan yang penting bagi kepentingan konstituen dan masyarakat secara umum seperti UU Nomor 6/2014 tentang Desa dan UU Nomor 18/2019 tentang Pesantren.

Fathan mengatakan, lahirnya UU Desa dan UU Pesantren menjadi contoh kecil keberpihakan FPKB dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat yang menjadi basis konstituennya.

"UU Desa yang salah satunya mengamanatkan Dana Desa jelas memberikan kontribusi positif atas geliat pembangunan desa yang terjadi saat ini. Sedangkan UU Pesantren memastikan pondok-pondok pesantren yang menjadi basis konstituen PKB mendapatkan perhatian layak dari negara," ujarnya.

Baca juga: FPKB pastikan pimpinan AKD berusia muda

Sementara itu, untuk memeriahkan puncak perayaan harlah ke-20 pada Kamis (31/10) malam, FPKB menghadirkan penyanyi Didi Kempot, komika Mamat Alkatiri, dan seniman tradisional Kirun.

"Kami ingin menyampaikan kepada publik bahwa PKB peduli terhadap pengembangan budaya kreatif, baik bernuansa tradisional maupun yang lagi hits seperti stand up comedy," ujar anggota FPKB Nihayatul Wafiroh.

Rangkaian Harlah FPKB juga diisi dengan pameran foto yang merekam perjuangan para anggota yang terpilih dalam Pemilu 2019 dan kegiatan anggota Fraksi PKB di daerah pemilihan (Dapil).

Baca juga: FPKB ajak mahasiswa jadi legislator andal

Selain itu juga kegiatan Millineal Road to Parliament dengan mengundang anak-anak muda komunitas video blogger (Vlog) untuk merekam aktivitas anggota dewan secara langsung, serta peluncuran buku kinerja fraksi selama lima tahun terakhir.

"Kami berharap berbagai rangkaian kegiatan tersebut akan menjadi penanda bahwa kami selalu hadir di tengah masyarakat," ujar Nihayatul.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019