disebabkan adanya natural consolidation, secara alami lapisan-lapisan di bawah tanah termampatkan
Jakarta (ANTARA) - Penurunan laju permukaan air tanah di Jakarta menurut Badan Geologi Kementerian ESDM masih bisa diperlambat, mengingat ada faktor pengaruh manusia yang masih bisa dikendalikan.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar mengungkapkan faktor penurunan air tanah itu ada yang bersifat alami dan ada yang campur tangan manusia.

"Yang alami disebabkan adanya natural consolidation, secara alami lapisan-lapisan di bawah tanah termampatkan serta pengaruh pergerakan tektonik. Namun untuk tektonik ini tidak dalam hitungan tahun atau puluhan tahun tetapi dalam ratusan tahun," ujar Rudy di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, penurunan tanah di Jakarta bagian Utara bukan fenomena baru tapi sudah terjadi lama karena secara geologi wilayah Jakarta Utara tersusun dari batuan aluvium yang usianya relatif muda, belum terkonsolidasikan sempurna. "Itulah secara geologi-nya, itu tidak bisa kita upayakan apa-apa," kata Rudy.

Baca juga: Penurun permukaan tanah Jakarta, Jonan minta kepedulian semua pihak

Untuk faktor yang dipengaruhi manusia, Rudy menyebut beban bangunan dan ekstraksi (pengambilan) air tanah menjadi penyebab naiknya laju permukaan air tanah. "Salah satu contohnya yang kita tahu jalan tol bandara sudah turun, juga gedung di depan stasiun kereta Jakarta Kota. Kalau soal ekstraksi air tanah berada di antara pori-pori. Ketika pori-pori kosong terjadi pemampatan, sehingga terjadi penurunan air tanah. Pengaruh manusia ini masih bisa dikendalikan. Ini yang bisa kita monitor dan awasi untuk memperlambat laju penurunan," terang Rudy.

Rudy menyampaikan beberapa hal telah dilakukan pihaknya bekerja sama dengan berbagai elemen Pemerintah. "Beban bangunan harus berada di atas batuan keras, baik gedung, jalan, jembatan atau lainnya. Di beberapa tempat yang memang ada pengusulan pengajuan pengambilan air tanah juga diawasi dan diperketat dalam perijinannya. Sumur-sumur resapan dan penampungan air juga mulai dimasifkan," ujar Rudy.

Badan Geologi sendiri melakukan upaya monitoring dan konservasi air tanah di beberapa titik di Jakarta. "Apa yang kita sampaikan kemarin sebagai triger bagi otoritas mengetahui kondisinya. Kebijakan itu dieksekusi Pemerintah Provinsi. Pemanfaatan lahan dan ruang untuk dijadikan bahan pengambilan keputusan," tandas Rudy.

Sebagaimana diketahui, berdasar hasil pengukuran yang dilakukan Badan Geologi, dilaporkan penurunan permukaan tanah di Jakarta mencapai 12 sentimeter per tahun. Paling tinggi terjadi di daerah Ancol, Jakarta Utara.

Pengambilan air tanah secara berlebihan menyumbang 30 persen penurunan muka tanah (land subsidence) di Jakarta. Disusul kompakasi tanah (alamiah), pembebanan akibat pembangunan dan geotektonik.

Baca juga: Permukaan tanah Jakarta turun, Jonan pantau Balai Konservasi Air

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019