Penanganan stunting dipimpin oleh Kementerian Kesehatan tetapi juga akan melibatkan banyak pihak,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy menekankan dirinya akan mengkoordinasikan penanganan stunting (kekerdilan) pada anak dengan Kementerian PUPR dan Kementerian ESDM dalam pembangunan fasilitas terkait kesehatan.

"Kasus stunting, sanitasi lingkungan ternyata menjadi faktor yang sangat penting dan determinan dalam masalah stunting ini, maka saya akan ada berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral karena berkaitan dengan ketersedian air bersih” kata Muhadjir saat mengunjungi kantor Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin.

Menko PMK menambahkan bahwa penanganan stunting dipimpin oleh Kementerian Kesehatan tetapi juga akan melibatkan banyak pihak.

Baca juga: Menko PMK dengarkan masukan dokter atasi masalah kekerdilan

Dia menjelaskan penanganan stunting juga membutuhkan peran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Dalam Negeri yang sangat strategis.

Muhadjir juga menyebutkan nantinya akan ada koordinasi di level Kemenko PMK yaitu koordinasi di bawah Kemenko PMK, selain itu juga akan melibatkan kementerian di luar Kemenko PMK.

Menko Muhadjir mengunjungi Kemenkes guna membahas berbagai isu strategis kesehatan dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beserta jajarannya. Muhadjir menginginkan pandangan langsung dari Kementerian Kesehatan untuk menangani sejumlah program prioritas nasional bidang kesehatan.

Baca juga: Papua jadi model penanganan kekerdilan di Indonesia

Beberapa isu strategis yang dibahas antara lain penanganan stunting, BPJS Kesehatan, harga obat tinggi, dan penggunaan alat-alat kesehatan dalam negeri.

Muhadjir berharap agar masukan-masukan serta gambaran yang sudah sangat jelas dari Menkes, terutama masalah stunting dengan model penganan secara terpadu, dalam waktu dekat permasalahannya dapat segera diselesaikan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga menambahkan terkait BPJS, bahwa pemerintah akan meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Baca juga: KPAI ajukan inisiatif melawan stunting

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019