Untuk Intelligent Parking System kami siap ekspor di awal tahun 2020 untuk kawasan Asia Tenggara
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah teknologi Internet of Things (IOT) produksi nasional muncul di ajang Indonesia Infrastructure Week 2019 Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) di JIExpo Kemayoran, Jakarta yang berlangsung dari 6-8 November 2019.

Inovasi teknologi IOT dalam negeri di bidang Transportasi & Fintech tersebut merupakan produk Delameta Bilano Group, perusahaan nasional yang bergerak di bidang produsen dan integrator control system.

Direktur Delameta, T Bayu di Jakarta, Kamis menyatakan, produk yang dipamerkan dalam ajang yang dibuka Presiden Jokowi tersebut seperti Automatic Lane Barrier (Palang Lajur Otomatis) tercepat di dunia dengan kecepatan 0,28 detik.

Kemudian, E-Payment & QR Reader Enco, People Gate untuk MRT, Sistem Pembacaan Plat Nomor Otomatis (ALPR), Wush! Free Flow Transaction, Maritime Survaillance, Intelligent Traffic Command Center, Intelligent Parking System.

"Untuk Intelligent Parking System kami siap ekspor di awal tahun 2020 untuk kawasan Asia Tenggara khususnya Thailand, Malaysia, dan Timor Leste," ujarnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya mengelola transaksi nontunai di 19 ruas tol di Indonesia termasuk mendukung ruas Tol di Ibukota baru Balikpapan-Samarinda, dan juga lintas ekosistem transportasi seperti Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Transjakarta, Kargo Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, Delameta juga tengah membangun kawasan manufaktur teknologi terintegrasi di kawasan Industri Sadang Purwakarta Jawa Barat.

Direktur Bisnis dan Teknologi Delameta Reza RH menambahkan, pihaknya siap bersaing untuk memasuki pasar global dalam bidang produk IOT.

Salah satu produk inovasi yang dapat bersaing di pasar global, tambahnya, yakni sistem Wifi Emergency Access per 500 meter di jalan tol pertama di dunia di tol Medan-Kualanamu.

Dengan teknologi tersebut, pengemudi dapat melakukan panggilan darurut melalui aplikasi di saat terkendala jaringan seluler maupun kehabisan pulsa.

"Kami juga akan membuat kejutan kolaborasi riset strategis dengan perusahaan BUMN dan swasta nasional yang akan kami umumkan di awal tahun 2020," katanya.

Selain itu, dia menambahkan, pihaknya rencana menunjukkan produk unggulan di acara tahunan Intelligent Transportation System (ITS) World Congress di Los Angeles Amerika Oktober 2020.

Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2019 merupakan satu rangkaian dalam kegiatan Konstruksi Indonesia (KI) 2019, Indonesia Infrastructure Development Financing (IIDF) 2019, yang merupakan kerja sama antara Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pameran yang diikuti oleh 207 exhibitor terdiri dari BUMN Karya, perusahaan material dan alat berat lokal dan internasional.
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019