Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia setara dengan Guam dan Sri Lanka dalam hal mengoleksi nol poin dari lima laga dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sepanjang tahun 2019.

Dikutip dari laman resmi FIFA di Jakarta, Rabu, Guam yang berperingkat 196 FIFA berada di peringkat akhir klasemen sementara Grup A setelah di laga terkini, Selasa (19/11) dikalahkan Maladewa dengan skor 3-1.

Sri Lanka juga di posisi juru kunci Grup H usai takluk 2-0 dari Turkmenistan, Selasa (19/11). Sebagai informasi, Sri Lanka adalah negara Asia berperingkat FIFA terendah yaitu posisi 203.

Sementara Indonesia, peringkat 171 FIFA--di atas Guam dan Sri Lanka, menghuni dasar Grup G. Skuat berjuluk Garuda dikalahkan Malaysia 2-0, Selasa (19/11).

Baca juga: Indonesia bertekuk lutut di Malaysia, Safawi Rasyid borong dwigol

Baca juga: Yeyen: dua gol Malaysia "hadiah" kesalahan pemain Indonesia


Sejatinya ada satu tim lagi yang belum menang di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tahun 2019 yaitu Taiwan.

Akan tetapi, Taiwan baru melewati empat laga di Grup B dan posisinya di peringkat FIFA di atas Indonesia yaitu 130.

Baik Indonesia, Guam, Sri Lanka dan Taiwan hampir tidak memiliki peluang untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca juga: Timnas butuh pelatih tangguh, PSSI jumpa Shin Tae-Yong di Kuala Lumpur

Sebab, selain harus memenangkan semua pertandingan sisa di tahun 2020, mereka pun mesti berharap secara bersamaan tim-tim di atasnya menelan rentetan kekalahan agar bisa melanjutkan petualangan di Kualifikasi Piala Dunia.

Namun, keempat negara tersebut masih mempunyai peluang untuk lolos ke Piala Asia tahun 2023.

Sesuai regulasi, 12 tim terburuk di delapan grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dapat mengikuti putaran playoff untuk mengamankan delapan tempat di putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Jika sampai ke tahap itu, mereka akan bersua 16 tim Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu empat tim peringkat kedua di luar 'runner up' terbaik, delapan peringkat ketiga dan empat peringkat keempat terbaik yang dipastikan mengikuti putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Adapun delapan juara grup dan empat peringkat kedua terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia akan menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di China.

Baca juga: PSSI putus kontrak Simon McMenemy setelah laga kontra Malaysia

Baca juga: PSSI belum mengetahui keberadaan Simon McMenemy


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019