Jakarta (ANTARA) - Empat tim besar benua Eropa yaitu Jerman, Belanda, Belgia, dan Rusia menang telak atas lawan-lawannya pada pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung Rabu WIB.

Bertanding di Commerzbank Arena, Frankfurt, Der Panzer menghancurkan tamunya Irlandia Utara dengan skor 6-1 dengan tiga gol di antaranya dicetak oleh Gnabry pada menit 19, 47 dan 60. Untuk tiga sisanya dicetak oleh Goretzka 43 dan 73 serta Brandt 90+1. Sedangkan gol Irlandia Utara dicetak Smith menit 7.

"Kami sangat menikmati pertandingan tadi. Kami telah memainkan permainan yang sangat penting. Bahkan ketika kami unggul dengan dua atau tiga gol. Kami sangat senang dengan hasil ini," kata pelatih timnas Jerman Joachim Löw, seperti dilansir laman UEFA.

Dengan kemenangan tersebut, tim Jerman kokoh di puncak klasemen Grup C dengan perolehan 21 poin dari delapan pertandingan. Untuk posisi dua klasemen diduduki Belanda setelah menang 5-0 atas Estonia dan membukukan 19 poin dari delapan pertandingan.

Baca juga: Belanda pesta lima gol ke gawang Estonia

Gol kemenangan anak asuh Ronald Koeman itu dicetak oleh Georginio Wijnaldum pada menit 6, 66 dan 78. Untuk dua gol lainnya dicetak oleh Nathan Ake pada menit 16 dan Myron Boadu pada menit 87.

"Ini adalah malam yang luar biasa bagi tim kami. Kami mendapatkan hasil yang terbaik. Kami akui babak kedua kami bermain lebih baik dari babak pertama. Kami juga memberikan kesempatan pada pemain baru dan pemain muda tampil. Hasilnya bisa maksimal," kata pelatih Belanda Ronald Koeman.

Selain Jerman dan Belanda, pesta gol juga terjadi di Grup I. Tuan rumah Belgia menang telak 6-1 atas Siprus dan gol kemenangan itu dicetak oleh Benteke menit 16 dan 68, De Bruyne 36 dan 41, Carrasco menit 44 dan gol bunuh diri Kypros menit 51. Sedangkan gol Siprus dicetak N Ioannou pada menit 14.

Baca juga: Luis Enrique resmi kembali besut timnas Spanyol

Dengan kemenangan tersebut Belgia kokoh di puncak klasemen Grup I dengan 30 poin dari 10 pertandingan. Sedangkan posisi dua klasemen ditempati Rusia dengan 24 poin dari 10 pertandingan setelah sebelumnya menang telak 5-0 atas tuan rumah San Marino.

"Sejak awal kami ingin membuat pendukung senang dengan kinerja dan gol. Saya pikir tim sukses melakukan itu," kata pelatih Rusia Stanislav Cherchesov usai laga seperti yang dilansir laman UEFA.

Sementara itu pada pertandingan Grup E Slovakia menang 2-0 atas Azerbaijan, di Grup G Polandia menang 3-2 dari Slovenia dan Lavia menang tipis 1-0 atas Austria, dan di Grup I Skotlandia menang 3-1 atas Kazakhstan.

Baca juga: Performa Inggris di Piala Eropa 2020 jadi penentu nasib Southgate

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019