Mataram (ANTARA) - Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) menyerahkan bantuan tujuh bangunan serbaguna kepada warga terdampak gempa bumi  yang terjadi pada tahun 2018 di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Penyerahan bantuan kepada perwakilan warga dilakukan oleh General Manajer PT Pertamina Persero, Werry Prayogi, bersama Ketua Umum DPP Hiswana Migas, Rahmad Muhammadiyah, dan Ketua DPD V Hiswana Migas, Ismed Jauhari, di Desa Bentek, Lombok Utara, Kamis.

Hiswana Migas membantu pembangunan aula serbaguna yang dipergunakan sebagai fasilitas umum di tujuh lokasi, yakni dua di Kabupaten Lombok Barat, dan Lombok Utara sebanyak lima bangunan.

Baca juga: Pesantren terdampak gempa di Lombok Barat dapat bantuan beras ACT

Adapun penerima bantuan bangunan serbaguna, yakni warga Dusun Medas Barat, dan Desa Penimbung, Kabupaten Lombok Barat. Sedangkan di Kabupaten Lombok Utara, yakni warga Dusun Karang Lendang, dan Selelos, Desa Bentek, Desa Genggelang, Gangga, Sigar Penjalin, Tanjung, dan Desa Sesait.

Ketua DPD V Hiswana Migas, Ismed Jauhari mengatakan, penyerahan bantuan di Kabupaten Lombok Barat, dilakukan pada tahap pertama. Sedangkan di Kabupaten Lombok Utara dilakukan pada tahap kedua.

"Kami berharap bantuan yang diberikan dapat dirawat, dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga bisa berfungsi dalam jangka panjang," katanya.

Bantuan tersebut, kata dia, bisa terlaksana berkat kerja sama seluruh komponen Hiswana Migas se-Indonesia.

Pascagempa bumi, Hiswana Migas menghimpun donasi dari seluruh karyawan se-Indonesia hingga terkumpul bantuan senilai Rp1,5 miliar. Dana serupa juga dihimpun untuk gempa Palu dan Donggala, dengan nominal yang terhimpun Rp1,3 miliar.

Baca juga: 4 BUMN donasi Rp2,35 miliar di Lombok, bedah rumah hingga beasiswa

Sementara itu, Ketua umum DPP Hiswana Migas, Rahmad Muhamadiyah menjelaskan, organisasi Hiswana Migas merupakan perusahaan swasta sebagai mitra pemerintah (Pertamina) yang bergerak dalam penyaluran bahan bakar minyak dan gas kepada masyarakat, baik subsidi dan nonsubsidi.

Rahmad menambahkan, Hiswana Migas memilih untuk membangunkan sarana umum sebagai bentuk bantuan kepada masyarakat di Pulau Lombok yang terdampak gempa.

"Sarana tersebut tidak murni tempat ibadah, namun bangunan serbaguna bisa juga dipergunakan sebagai tempat ibadah," ujarnya.

Ketua panitia pembangunan sekaligus perwakilan masyarakat Kabupaten Lombok Utara, Romo Shukerthi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hiswana Migas yang telah memberikan bantuan.

"Mewakili teman-teman panitia dan masyarakat Desa Bentek, saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hiswana Migas," ucap Shukerthi.

Baca juga: GFJA dan PFI berikan bantuan korban gempa Lombok
Baca juga: 4.200 KK di Lombok Utara terima bantuan Unicef
Baca juga: Masjid bantuan BUMN di lokasi gempa diresmikan

Pewarta: Awaludin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019