BTN kan rapat umum pemegang sahamnya memang akhir bulan ini
Jakarta (ANTARA) - Mantan Wakil Ketua KPK Chandra Hamzah ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) sedangkan sebagai Dirut BTN adalah Pahala N Mansury.

"Pak Pahala (Mansury) kan ada tugas baru juga sebagai Dirut BTN dan Komisaris Utama Pak Chandra Hamzah," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Erick Thohir menyampaikan hal tersebut seusai berbicara empat mata dengan Presiden Jokowi di beranda Istana Merdeka sekitar 10 menit.

Chandra Hamzah sebelumnya pernah menjadi Komisaris Utama PT PLN pada 2014.

Sedangkan Pahala N Mansury sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero).

Penetapan keduanya pun akan dilangsungkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan dilakukan pada akhir bulan November.

"BTN kan rapat umum pemegang sahamnya memang akhir bulan ini," ungkap Erick.

Erick menilai Chandra Hamzah yang punya latar belakang hukum cocok untuk memimpin BTN.

"Pak Chandra Hamzah latar belakangnya hukum, kita tahu di BTN sekarang ada isu-isu yang kurang baik tentu harus dilihat secara hukum, apalagi ini ujung tombak pembiayaan perumahan rakyat nasional, kalau tidak sehat tidak bagus, apalagi ke depan ada program anak muda usia 25-35 tahun bisa mendapat akses perumahan atau pegawai negeri yang usianya muda, kita akan pindah ke ibu kota baru, kalau tidak ada fasilitas rumah bagaimana?" jelas Erick.

Chandra Hamzah diketahui sudah menemui Erick Thohir pada 18 November 2019 lalu dan berbincang dengan Erick selama sekitar 2 jam di gedung Kementerian BUMN.

Baca juga: BTN raup laba Rp801 miliar di kuartal III 2019
Baca juga: Bidik pembiayaan berkelanjutan, BTN masuk ke indeks saham SRI-Kehati

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019