Ketua DPR RI: Kunker implementasi fungsi pengawasan DPR ke daerah

Ketua DPR RI: Kunker implementasi fungsi pengawasan DPR ke daerah

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Bandarlampung, Selasa 26/11/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan, bahwa kunjungan kerja (kunker) DPR RI ke Lampung merupakan salah satu implementasi fungsi pengawasan anggota legislatif kepada daerah, agar program di daerah dapat terlaksana dengan baik.

"Kunjungan kerja ketua DPR beserta anggota DPR pada hari ini terkait dengan fungsi pengawasan, serta hal ini menjadi tanggung jawab DPR kepada daerah untuk melihat secara langsung segala bentuk program yang telah dan akan dilakukan," ujar Puan Maharani di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, kunjungan ini merupakan salah satu bentuk pengawasan yang ditujukan kepada gubernur serta forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dalam melaksanakan segala program.

Baca juga: Ketua DPR dukung program pembangunan prorakyat Lampung

Ketua DPR RI beserta sejumlah anggota DPR RI yang hadir dalam rangka kunjungan kerja ke Provinsi Lampung tiba di kantor Gubernur Lampung pada pukul 10.30 WIB dan melaksanakan rapat bersama gubernur setempat beserta forkopimda di ruang rapat utama guna memastikan jalannya program di daerah.

"Hari ini saya juga menanyakan beberapa hal kepada gubernur beserta jajaran, salah satunya mengenai kesiapan menghadapi mudik Natal dan Tahun Baru yang akan berlangsung dalam waktu dekat," ujarnya.

Baca juga: DPR RI dukung Kabaharkam Polri diganti jika Firli jabat Ketua KPK

Puan Maharani mengatakan, selain kesiapan menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru dirinya juga mempertanyakan mengenai keamanan dan juga kesiapan penggunaan infrastruktur jelang mudik Natal dan Tahun Baru.

"Saya juga sempat bertanya masalah keamanan jelang Natal dan Tahun Baru, serta kesiapan infrastruktur baru, seperti rest area di jalan tol, agar masyarakat dapat dengan segera mempergunakannya," ujar Puan.

Menurutnya, pemerintah pusat dan daerah perlu saling bersinergi guna mencapai kesejahteraan rakyat dan percepatan pembangunan di daerah.

Baca juga : Ketua DPR dukung program pembangunan prorakyat Lampung

 

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019