Jakarta (ANTARA) - Emil Forsberg mengemas dwigol untuk mengantarkan RB Leipzig menahan imbang tamunya Benfica 2-2 dalam laga kelima penyisihan Grup G Liga Champions di Stadion Red Bull Arena, Jerman, Rabu setempat (Kamis WIB), sekaligus mengamankan satu tiket ke babak gugur untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Satu poin tersebut diraih Leipzig dengan susah payah, sebab mereka harus tertinggal lebih dulu akibat gol Pizzi dan Carlos Vinicius serta kehilangan kiper utama Peter Gulacsi yang cedera.

Namun, Forsberg tampil jadi dewa penyelamat setelah eksekusi penaltinya tepat pengujung waktu normal disusul sebuah sundulan pada menit keenam injury time memaksakan hasil imbang 2-2, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Gasak Zenit 2-0, RB Leipzig puncaki Grup G

Baca juga: Zenit tunda kelolosan Lyon sembari jaga asa melaju


Tim besutan Julian Nagelsmann itu kini menduduki pucuk klasemen Grup G dengan raihan 10 poin, unggul tiga poin dari Zenit St. Petersburg (7) dan Olympique Lyon (7).

Secara perhitungan, raihan poin Leipzig bisa saja disamai Zenit jika mereka kalah melawan Lyon di laga pemungkas, namun catatan dua kemenangan melawan wakil Rusia itu memastikan mereka berhak finis di urutan lebih atas jika punya raihan poin setara.

Ketika pertandingan dimulai, pertahanan Leipzig mendapat gempuran deras dari tim tamu yang berusaha menjaga asa mereka untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Akibatnya pada menit ke-20 sebuah bangunan serangan apik berhasil diakhiri dengan umpan tarik Adel Taarabt yang diselesaikan sempurna oleh Pizzi demi mengejutkan publik tuan rumah. Benfica unggul 1-0 atas Leipzig.

Empat menit kemudian Leipzig hampir membalas, jika saja penyelesaian Christopher Nkunku atas umpan Forsberg tidak mengarah tepat ke kiper Odisseas Vlachodimos.

Tak mau kehilangan muka Leipzig balik membombardir pertahanan Benfica, sayang tembakan setengah voli Timo Werner masih bisa ditepis oleh Vlachodimos pada menit ke-35.

Dua menit berselang, Marcel Sabitzer berhasil menyarangkan bola ke gawang Benfica menyambar bola muntah, namun golnya dianulir karena ia terlanjur berada dalam posisi offside kala Forsberg melepaskan tembakan pertama.

Semenit jelang turun minum Benfica hampir menggandakan keunggulan lewat aksi menawan Pizzi, sayang penyelesaiannya masih membentur mistar gawang.

Selanjutnya empat menit ...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019