Manila, Filipina (ANTARA) - Atlet renang Indonesia Gagarin Nathaniel Yus gagal mempertahankan emas setelah hanya finis diurutan tujuh pada SEA Games 2019 di New Clark Aquatic Centre, Capas, Filipina, Rabu untuk nomor 100 meter gaya dada putra.

Padahal Gagarin ini menjadi gacoan utama pada pelaksanaan hari pertama cabang olahraga renang kejuaraan dua tahunan tersebut dan hanya membukukan catatan waktu satu menit 2,73 detik. Catatan waktunya jauh dari rekornya, satu menit 1,76 detik.

Pada nomor 100 meter gaya dada, emas direbut perenang tuan rumah Filipina, James Delparine dengan catatan waktu satu menit 1,66 detik dan merupakan rekor SEA Games. Untuk perak direbut Than Bao Pham dari Vietnam dan perunggu Lionel Koo dari Singapura.

Andalan Indonesia yang belum mampu meraih hasil terbaik lainnya adalah I Gede Siman Sudartawa. Atlet asal Bali itu hanya mampu meraih perunggu pada nomor 100 meter gaya punggung putra dengan waktu 55,68 detik.

Untuk medali emas direbut Zheng Wen Quah dengan waktu 53,79 detik dan perak direbut oleh atlet asal Vietnam Nguyen Paul Le dengan catatan waktu 54,98 detik. Meski demikian Siman mengaku puas dengan pencapaiannya.

"Secara pribadi saya puas. Ini adalah catatan terbaik tahun ini karena sebelumnya cedera," kata Siman dalam keterangan resminya usai perlombaan.

Selain Siman, ada dua lagi atlet renang yang mampu menyumbangkan medali yaitu Azzahra Permatahani lewat nomor 200 meter gaya ganti putri dengan waktu dua menit 16,84 detik. Untuk emas direbut perenang asal Vietnam Thi Anh Vien dan medali perunggu direbut wakil Thailand Jinjuntha.

"Ini memang bukan catatan waktu terbaik saya. Tapi sudah dekat karena hanya selisih 16 koma saja. Semoga besok bisa lebih baik lagi," kata Azzahra dalam keterangan resminya usai perlombaan.

Medali perunggu juga dipersembahkan Aflah Fadlan Prawira pada nomor 400 meter gaya bebas putra. Fadlan mencatat waktu 03 menit 52,65 detik dan nyaris memecahkan rekornas miliknya 03.52,16.
Emas diraih Nguyen Huy Hoang asal Vietnam dengan waktu tiga menit 49,08 detik yang jadi rekor SEA Games dan perak direbut Welson Sim asal Malaysia dengan waktu tiga menit 49,55 detik

Sementara itu, pada nomor 200 meter gaya kupu putri, Adinda Larasati Dewi menempati peringkat empat dengan waktu dua menit 14,10 detik. Dengan demikian di hari pertama perlombaan renang nir emas.

Baca juga: Renang dimulai, perburuan emas Indonesia bergerak ke klaster Clark

Baca juga: Gagarin incar nomor dada demi tempat pelatnas

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019