Manila, Filipina (ANTARA) - Pelatih ice skating Indonesia untuk nomor speed skating Bayu Bimantoro mengatakan, tim speed skating Indonesia menampakkan taji di kawasan Asia Tenggara menyusul raihan empat medali perak dan satu medali perunggu di SEA Games 2019.

“Saya rasa Indonesia sudah menjadi kompetitor tangguh untuk negara-negara lain. Berbeda dengan SEA Games 2017, di mana atlet-atlet kita masih belum bisa bersaing dengan atlet-atlet lain,” ujar Bayu kepada Antara di Skating Rink SM Megamall, Manila, Filipina, Rabu.

Sejatinya, tim ice skating Indonesia ditargetkan meraih dua medali emas untuk nomor estafet short track speed skating di SEA Games 2019.

Namun, pencapaian empat medali perak dan satu perunggu dirasakan tidak terlalu buruk mengingat di SEA Games 2017, saat ice skating pertama kali dipertandingkan di SEA Games, Indonesia hanya meraih satu medali perak di nomor 500 meter short track speed skating putra dan satu medali perunggu nomor 3.000 meter short track speed skating putri.

“Hasil memang belum sesuasi harapan, tetapi itu yang terbaik. Saya melihat semua atlet sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menang,” kata Bayu.

Evaluasi prestasi

Sementara Ketua Umum Federasi Ice Skating Indonesia Susan Herawati menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya keras agar lebih baik di SEA Games 2021.

Evaluasi terkait prestasi ice skating di SEA Games ke-30 di Filipina akan segera dilakukan. Para atlet nantinya diikutkan ke turnamen-turnamen nasional maupun internasional untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan.

“Di SEA Games 2019 ini, lawan-lawan lebih baik dari kita. Namun, kami akan lebih meningkat lagi. Pembinaan para atlet akan terus dilakukan terutama yang kini masih junior,” tutur Susan.

Di SEA Games 2019, tim ice skating Indonesia sukses meraih total empat medali perak dan dua medali perunggu.

Medali perak diraih oleh tim estafet 3.000 meter short speed track putri, Steavanus Wihardja di nomor 500 meter dan 1.000 meter short track speed putra serta Ratu Nur Indah di 1.000 meter short track speed putri.

Sementara perunggu speed skating datang dari 3.000 meter estafet short track speed putra. Medali perunggu terakhir disumbangkan oleh figure skating melalui atlet putri Savika Refa Zahira.

Khusus untuk figure skating, Susan Herawati mengakui bahwa pihaknya tidak menargetkan medali dari sana.

“Oleh karena itu kami bersyukur figure skating bisa mendapatkan perunggu. Kami akan terus mengembangkan atlet di figure skating ini,” tutur Susan.

Baca juga: Indonesia tambah tiga medali dari ice skating

Baca juga: Pelatih: atlet "figure skating" putra Indonesia tampil gugup


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019