Jakarta (ANTARA) - Pengisi suara Big Bird dan Oscar the Grouch dalam program anak-anak "Sesame Street", Caroll Spinney meninggal dunia dalam usia 85 tahun.

Caroll yang sudah bekerja di Sesame Street sejak 1969 tutup usia pada Minggu (8/12) di rumahnya di Connecticut, Amerika Serikat.

"Caroll adalah seorang artistik jenius yang memiliki pandangan baik dan penuh kasih terhadap dunia sehingga membantu untuk membentuk dan mendefinisikan Sesame Street di hari-hari paling awal pada tahun 1969 hingga lima dasawarsa dan warisannya di Sesame Workshop dan budaya dunia tidak akan berakhir," ujar pimpinan Sesame Street dalam sebuah pernyataan dikutip Aceshowbiz, Senin.
Caroll Spinney pengisi suara Big Bird dan Oscar The Grouch dalam program anak-anak "Sesame Street" (ANTARA News/Shuttestock)


Baca juga: Setelah 44 tahun, "Sesame Street" kehilangan "Maria"

"Bakatnya yang luar biasa dan hatinya yang sangat besar sangat cocok untuk memainkan burung kuning yang lebih besar dari kehidupan nyata yang membawa kegembiraan bagi anak-anak dan penggemar yang tak terhitung jumlahnya dari segala usia di seluruh dunia, dan omelannya yang menyenangkan dan tidak menyenangkan memberi kami semua izin untuk menggerutu sekali dalam beberapa saat," lanjut isi pernyataan tersebut.

Caroll terpaksa keluar dari Sesame Street pada tahun 2015 karena masalah kesehatan kronis, namun dia terus memberikan suara untuk Big Bird dan Oscar the Grouch.

"Kontribusi Caroll Spinney kepada Sesame Street tidak terhitung jumlahnya. Dia tidak hanya memberi kami Big Bird dan Oscar, dia juga memberikan begitu banyak hal untuk dirinya sendiri," kata co-founder Sesame Street, Joan Ganz Cooneysaid dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Sesame Street angkat isu autisme dengan boneka baru

Baca juga: Pencipta "Sesame Street" gugat distributor film "Happytime Murders"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019