Dengan demikian diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM dan menjadikan produk Indonesia semakin dikenal dan mendunia
Jakarta (ANTARA) - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2019 yang diselenggarakan pada 11-12 Desember mendatang untuk pertama kalinya akan menawarkan produk hasil bumi dengan menggandeng tiga platform e-commerce pertanian yakni Sayur Box, Tani Hub dan Brambang.com.

"Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Harbolnas turut menyediakan platform yang menyediakan hasil alam seperti Tani Hub, Brambang.com dan Sayur Box," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam peluncuran Harbolnas di Jakarta, Senin.

Agus mengungkapkan tujuan Harbolnas adalah untuk semakin memperkenalkan produk dalam negeri di ranah online. Ia meyakini produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk asing.

Harbolnas 2019 yang ke sembilan kalinya itu khusus mengalokasikan satu hari, yakni 11 Desember 2019 untuk mempromosikan produk-produk lokal dan UMKM.

Ke depan, Kementerian Perdagangan mendorong penyedia platform e-commerce untuk menyelenggarakan hari belanja online, khususnya produk nasional misalnya dengan program produk lokal yang dilakukan setiap awal bulan.

"Dengan demikian diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM dan menjadikan produk Indonesia semakin dikenal dan mendunia," katanya.

Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung menyebut ketiga platform e-commerce hasil bumi yang ikut dalam Harbolnas tahun ini merupakan mereka yang merespons positif tawaran asosiasi untuk ikut dalam acara tahunan itu.

"Karena persiapan Harbolnas itu memang biasanya mepet, sebulan atau dua bulan sebelumnya. Bahkan yang sekelas unicorn saja kadang mau masuk Harbolnas pikir-pikir dulu karena takut kapasitas tidak siap," katanya.

Namun, Ignatius menyebut keikutsertaan ketiga platform itu akan ikut mendukung program pemerintah untuk mendorong produk lokal bisa dipasarkan melalui platform daring.

Selama periode Harbolnas, berbagai platform atau marketplace akan memberikan diskon dan promo gratis ongkir kepada konsumen.

Harbolnas 2019 didukung 265 pelaku perdagangan melalui sistem elektronik. Pada tahun ini, Harbolnas menggandeng Bank Mandiri dan LinkAja untuk memperluas kemudahan pembayaran. Hal itu dilakukan untuk mendorong transaksi nontunai dalam belanja online.

Baca juga: Tips hemat belanja online saat Harbolnas 12.12

Baca juga: Kenapa 12.12 jadi Harbolnas terpopuler di Indonesia?

Baca juga: Harbolnas, YLKI ingatkan konsumen jangan terjerat perilaku konsumtif


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019