Kami mendapat konfirmasi hari ini bahwa dua risiko utama yang telah membebani pasar sepanjang tahun telah terangkat, setidaknya untuk saat ini
New York (ANTARA) - Wall Street berakhir sedikit berubah pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan indeks S&P 500 dan indeks Dow Jones mencapai rekor tertinggi dalam sesi ini. 

Kondisi tersebut menyusul Amerika Serikat dan China yang mengumumkan perjanjian perdagangan awal sehingga mendinginkan ketegangan yang telah mengguncang pasar.

Sektor teknologi S&P 500 dan teknologi Nasdaq berakhir solid di wilayah positif, dengan kenaikan di Apple Inc memberikan dorongan.

Perdagangan berombak setelah pengumuman perjanjian, yang mengurangi beberapa tarif AS sebagai imbalan atas peningkatan pembelian barang pertanian Amerika oleh China.

Amerika Serikat telah setuju untuk menangguhkan tarif barang-barang Cina senilai 160 miliar dolar AS yang akan mulai berlaku pada 15 Desember, batas waktu yang telah dipantau ketat oleh para investor.

Baca juga: Wall Street menguat di tengah optimisme atas kesepakatan perdagangan

"Risiko peningkatan (sengketa) perdagangan telah dicegah untuk saat ini, dan itu positif," kata Sunitha Thomas, penasihat portofolio regional di Northern Trust Wealth Management di Chicago.

Investor juga mencerna kemenangan Perdana Menteri Boris Johnson dalam pemilihan umum Inggris, yang dapat memberikan kejelasan lebih lanjut pada rencana keluarnya negara tersebut dari Uni Eropa.

"Kami mendapat konfirmasi hari ini bahwa dua risiko utama yang telah membebani pasar sepanjang tahun telah terangkat, setidaknya untuk saat ini," kata Thomas.

"Pasar tidak naik lebih besar karena kami telah memiliki beberapa reli yang masuk ke dalamnya, dan saya pikir sekarang ada pengakuan bahwa perlu ada tindak lanjut kebijakan pada negosiasi Brexit dan juga apa sebenarnya rincian dari kesepakatan antara Cina dan AS ini," kata Thomas.

Indeks Dow Jones Industrial Average sedikit menguat 3,33 poin atau 0,01 persen, menjadi berakhir 28.135,38 poin. Indeks S&P 500 ditutup naik tipis 0,23 poin atau 0,01 persen, menjadi 3.168,80. Indeks Komposit Nasdaq bertambah 17,56 poin atau 0,20 persen, menjadi berakhir di 8.734,88 poin.

Sektor utilitas memimpin kenaikan di antara sektor S&P 500 bersama dengan teknologi, sementara sektor energi dan material tertinggal.

S&P 500 naik 0,7 persen untuk minggu ini, kenaikan mingguan yang kesembilan dalam 10 minggu terakhir.

Meningkatkan sentimen tentang ketegangan perdagangan, penurunan suku bunga dari Federal Reserve AS dan data ekonomi yang menggembirakan telah memicu rekor untuk indeks saham utama AS. Indeks acuan S&P 500 telah naik 26 persen sejauh pada tahun ini.

Awal pekan ini, Fed mengisyaratkan biaya pinjaman tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Baca juga: Wall Street naik setelah Fed pertahankan suku bunga

Dalam berita perusahaan, saham Adobe Inc naik 3,9 persen, setelah mengalahkan estimasi Wall Street untuk pendapatan dan laba kuartal keempat.

Saham Broadcom Inc turun 3,8 persen setelah perusahaan memberikan perkiraan pendapatan "suam-suam kuku" untuk 2020.

Saham Oracle Corp turun 3,5 persen setelah pendapatannya jatuh di bawah perkiraan triwulanan.

Sekitar 7,4 miliar saham berpindah tangan di bursa Amerika Serikat pada perdagangan akhir pekan ini, di atas rata-rata harian 6,8 miliar saham selama 20 sesi terakhir.

Baca juga: Saham Tokyo naik tajam didukung Wall Street, hasil pemilihan Inggris
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019