Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persebaya Aji Santoso menyebut bahwa penyerang Persija Jakarta Bambang Pamungkas sebagai profesional sejati dan pantas menjadi contoh untuk para pesepak bola lain.

“Dia seorang pribadi yang sangat pintar mengatur dirinya. Seorang yang benar-benar profesional,” kata Aji, menanggapi desas-desus pensiunnya Bambang Pamungkas, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin.

Menurut Aji, pemain yang akrab disapa Bepe itu juga memiliki sikap yang santun.

Tutur bicaranya juga dinilai sopan dan tidak segan membagikan ilmu serta pengalamannya kepada para pemain muda.

“Meski sudah tidak banyak bermain, dia selalu memberikan dukungan kepada para pemain muda. Dia orang yang baik,” kata Aji.

Bek Persebaya Ruben Sanadi juga menyebut bahwa Bepe layak menjadi acuan pesepak bola Indonesia dalam mengejar prestasi.

“Dia akan selalu menjadi panutan baik di dalam maupun di luar lapangan,” tutur Ruben.

Kabar mengenai rencana pensiun Bambang Pamungkas merebak ketika akun media sosial resmi Persija Jakarta mengunggah video berdurasi 45 detik pada Sabtu (14/12) yang memperlihatkan Bepe tengah bersiap memakai sepatu bola.

Dalam video itu ada tulisan “Almost there”, yang berarti "hampir tiba di sana" , dan tanggal 17.12.2019, yang menjadi hari laga Persija versus Persebaya.

Kemudian, pada Minggu (15/12), Persija kembali memuat gambar Bambang Pamungkas dengan kalimat "Laga Home Pamungkas!".

Banyak yang beranggapan bahwa itu menjadi pesan perpisahan Persija kepada sosok Bambang Pamungkas, yang sudah membela Persija sejak tahun 1999.

Selama itu, Bambang Pamungkas sudah membuat 200 gol untuk Persija. Bepe juga pencetak gol terbanyak untuk timnas Indonesia dengan 36 gol.

Baca juga: Pelatih berharap Bepe dapat tempat di manajemen Persija jika pensiun
Baca juga: Bambang Pamungkas: tugas saya memang mencetak gol


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019