Jakarta (ANTARA) -
Seorang petugas evakuasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur berlumuran lumpur usai mengevakuasi seekor kucing kampung yang terperosok saluran air, Rabu siang.
 
"Terima kasih Sudin PKP Jaktim sudah menyelamatkan kucing saya walau. Maaf kalau petugasnya malah belepotan lumpur," kata pemilik kucing, Risa, di Jakarta.
 
Petugas tersebut diketahui bernama Ahmad Fahri yang saat ini bekerja di Sudin PKP Sektor Duren Sawit.
Petugas Damkar Sektor Duren Sawit, Ahmad Fahri merangkak di gorong-gorong air kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (18/12/2019), untuk mengevakuasi kucing kampung yang dilaporkan warga terperosok. (ANTARA/HO-Damkar Jaktim)
 
Kronologi kejadian berawal saat pemilik sedang memandikan kucing di rumahnya Jalan Pondok Kelapa Raya Blok C1 Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit.
 
Sekitar pukul 12.00 WIB kucing peliharaannya kabur dan berlari ke luar rumah lalu tertabrak kendaraan bermotor.
 
"Kucingnya lalu jatuh ke gorong-gorong dan terjebak di dalamnya," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman.
 
Pihaknya mengutus Ahmad Fahri beserta tiga rekannya menggunakan motor ke lokasi kejadian usai menerima laporan dari pemilik kucing.
 
Setelah dilakukan pemetaan evakuasi di saluran air, kata Gatot, tim memutuskan Ahmad Fahri untuk turun ke dalam saluran air sedalam 1 meter dengan panjang 25 meter.
 
Pria bertubuh tegap itu pun merangkak di antara gorong-gorong menyisir keberadaan kucing.

Baca juga: Satpol PP temukan dagangan PKL dalam Pos Damkar Tanah Abang

Baca juga: Permukiman di Penjaringan kebakaran, 16 mobil damkar diturunkan

Baca juga: Warga Bidaracina histeris ketahui rumahnya terbakar


Alhasil seluruh pakaian dinas Ahmad Fahri berlumuran lumpur hitam pekat, berikut sebagian wajahnya yang juga bernoda lumpur dari saluran air.
 
30 menit berselang, kata Gatot, Ahmad Fahri berhasil menemukan keberadaan kucing dalam kondisi hidup untuk dievakuasi.
Petugas Damkar Sektor Duren Sawit, mengevakuasi kucing kampung yang dilaporkan warga terperosok saluran air, (18/12/2019). (ANTARA/HO-Damkar Jaktim)
 
"Sekitar pukul 12.30 WIB kucing berhasil dikeluarkan dari dalam gorong-gorong saluran dalam kondisi selamat," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019