Bekasi (ANTARA) - Sutradara Angga Dwimas Sasongko berbagi sejumlah tips untuk membuat film bagi para pemula.

Sutradara peraih Piala Citra itu mengungkapkan hal paling utama dalam membuat film yang bagus adalah menyiapkan skenario. Dia mengatakan saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar membuat skenario, salah satunya melalui YouTube.

"Jadi mau pake kamera canggih sedunia kalau skenarionya jelek ya filmnya jelek aja," ujar Angga Dwimas Sasongko dalam diskusi Huawei Film Awards di Bekasi, Jawa Barat, Rabu.
Angga Dwimas Sasongko dalam diskusi Huawei Film Awards di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019). (ANTARA/Yogi Rachman)



Film yang bagus, menurut Angga, harus mampu menyampaikan isi cerita kepada yang menonton.

"Kunci dari kesuksesan sebuah film itu story telling harus bagus. Tools atau kamera hanya support system untuk menyampaikan emosi ke penonton," kata dia.

Selain itu, kunci dari bagusnya sebuah film juga terletak dari kemampuan akting pemain yang terlibat di dalamnya. Di sinilah peran dari sutradara untuk mampu mengarahkan para pemainnya agar mengeluarkan kemampuan secara maksimal.

"Jangan pakai pemain karena lagi naksir sama seseorang terus diajak main film. Tapi apakah kita perlu bekerja dengan aktor profesional, enggak juga. Saya bekerja dengan berbagai macam aktor," kata dia.

"Bahkan di film 'Cahaya Dari Timur' 90 persen pemainnya belum pernah lihat kamera," kata Angga menambahkan.

Angga juga menyebut salah satu hal yang sering dilupakan para pembuat film adalah tahap pre-production. Bahkan menurut dia untuk tahapan ini bisa memakan waktu yang lebih lama dibanding dengan waktu syuting.



Baca juga: Alasan Angga Dwimas Sasongko tertarik bikin film "NKCTHI"

Baca juga: #KeepOnRollin film pendek soal kisah hidup Joe Taslim

Baca juga: Angga Dwimas siapkan program literasi film bagi pelajar

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019