Banjarmasin (ANTARA) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan senilai Rp94 miliar lebih dalam berbagai kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Kalimantan Selatan.

"HKSN bukan hanya sekedar seremonial tapi bisa menambah nilai kesetiakawanan sosial tidak hanya di Kalsel tapi di seluruh Indonesia," kata Menteri Sosial Juliari P Batubara pada puncak Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial di Banjarmasin, Kalsel, Kamis.

Puncak peringatan BBKS juga merupakan etape terakhir dari kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) Lintas Banua Bergerak yang dilaksanakan di enam etape di mulai dari Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar dan diakhiri di Kota Banjarmasin.

Baca juga: 10 juta PKH dibantu tahun 2020, sebut Mensos
Baca juga: Puncak HKSN 2019 di Kalsel bakal dihadiri ribuan tamu VVIP dan VIP


Kegiatan sosial yang dilaksanakan antara lain penyaluran bantuan berupa sembako, perlengkapan sekolah, perlengkapan ibadah, alat bantu kesehatan/disabilitas dan penyuluhan sosial.

Selain itu juga kegiatan donor darah, pengobatan gratis bagi masyarakat, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, Pembangunan Sarana Lingkungan, Pemberian Hak Sipil (Akte Kelahiran dan Surat Nikah) dan lain sebagainya.

Mensos mengatakan, tahun 2019 bangsa Indonesia dihadapkan pada tantangan-tantangan dalam berbagai bentuk seperti musibah, baik itu bencana alam maupun bencana sosial. yang datang silih berganti,

"Namun kita harus tetap semangat dan optimis. Rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019, diharapkan menjadi salah satu solusi bagi problematika yang kini tengah dihadapi, sehingga Tema Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas, merupakan langkah yang benar-benar nyata, dirasakan pengaruh dan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

Baca juga: Mensos beri penghargaan kesetiakawanan sosial
Baca juga: Gorontalo matangkan persiapan HKSN bersama Kemensos


BBKS adalah salah satu kegiatan dalam rangkaian Kegiatan Peringatan HKSN tahun 2019 yang dipusatkan di Provinsi Kalimantan Selatan.

BBKS merupakan bulan yang dikhususkan untuk menimbulkan dan menguatkan kembali semangat Kesetiakawanan Sosial melalui berbagai aksi-aksi sosial yang bermanfaat bagi sesama.

Sesuai dengan tema besar HKSN 2019 yaitu “Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas” BBKS dilaksanakan dengan menggalang banyak potensi dari berbagai instansi baik pusat maupun daerah,” katanya.

Potensi sosial itu di antaranya, unsur dari CSR Perusahaan dan yayasan sosial sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan untuk mewujudkan nilai kesetikawanan tanpa batas.

Baca juga: Homestay diberdayakan untuk peserta HKSN
Baca juga: Gorontalo butuh 2.000 kamar untuk HKSN 2018

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019