120 ribu personel TNI dan Polri amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

120 ribu personel TNI dan Polri amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/12). (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Medan (ANTARA) - Sebanyak 120 ribu personel TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,.
 
"Operasi Lilin tahun ini melibatkan 120.000 personel gabungan TNI dan Polri, aparat pemerintah daerah serta organisasi masyarakat," kata Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Idham Azis di Medan, Kamis.

Baca juga: Kapolri tekankan peran aktif komponen masyarakat amankan Natal

Baca juga: Ridwan Kamil pastikan Jabar kondusif jelang Natal-Tahun Baru

Baca juga: Ombudsman sarankan Bupati Dharmasraya mediasi dugaan pelarangan Natal
 
Untuk persiapan pengamanan kata Kapolri, juga dilakukan Apel Gelar Pasukan yang dimulai tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Untuk Apel tahun ini dipusatkan di Medan.
 
"Apel gelar pasukan hari ini digelar di seluruh Indonesia, bapak Panglima dan saya memilih di Medan untuk memberi motivasi kepada seluruh di jajaran Polda Sumut agar pelaksanaan Operasi Lilin ini aman, lancar dan tertib," ujarnya.
 
Ia berharap adanya dukungan dari masyarakat, karena pengamanan Natal dan Tahun Baru bukan domain TNI dan Polri, tetapi juga ada peran aktif masyarakat untuk menjaga situasi agar tetap kondusif.
 
“Saya juga berharap kerjasama rekan-rekan media agar memberi pencerahan kepada masyarakat supaya kita bisa melaksanakan Natal dan Tahun Baru dengan baik,” ujarnya.
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019