Forkopimda Jatim pantau kesiapan pastikan keamanan saat Natal

Forkopimda Jatim pantau kesiapan pastikan keamanan saat Natal

Forkopimda Jatim saat memantau persiapan Natal di Gereja Katolik Gembala Yang Baik Surabaya, Senin (23/12/2019). (ANTARA/HO)

Surabaya (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur memantau kesiapan gereja-gereja di Surabaya untuk memastikan keamanan Hari Raya Natal 2019 di wilayah setempat, Senin.

"Kami ingin mendapatkan konfirmasi bahwa semua persiapan perayaan natal berjalan dengan baik," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ditemui di Gereja Katolik Gembala Yang Baik Surabaya.

Pada pantauan yang dilakukan dengan mengendarai sepeda motor tersebut, Gubernur didampingi Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan beserta Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi.

Baca juga: Forkopimda Jatim tinjau sejumlah gereja di Surabaya

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berharap seluruh keharmonisan bisa dibangun sehingga tercipta suasana aman dan damai di seluruh daerah di Tanah Air, khususnya di Jatim.

Tak hanya itu, Khofifah juga ingin memastikan jika seluruh masyarakatnya di Jatim bisa beribadah dengan aman dan penuh suka cita.

"Di antara seluruh keragaman, kami ingin mengkonfirmasi bahwa semua bisa berjalan aman, baik, dan penuh suka cita," ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga mengajak seluruh pihak senantiasa membangun keharmonisan di antara beragam suku hingga agama.

Baca juga: Gubernur Jatim beri penghargaan tokoh Forkopimda inti

"Saya yakin tingkat kerukunan beragama di Jatim masih tinggi. Jadi, keberagaman, kebhinnekaan, heterogenitas tentu harus dijadikan referensi untuk menjadi bangsa ini penuh kearifan, tetap membangun persaudaraan antarsesama manusia, persaudaraan lintas agama juga persaudaraan kebangsaan," tuturnya.

Sementara itu, Pastor Kepala Gereja Paroki Gembala Yang Baik Surabaya, Romo Gregorius Kaha SVD mengaku sangat bersyukur mendapatkan atensi ini.

Dia menyebut kebersamaan ini merupakan suatu hal yang harus terus dijaga.

"Sangat bersyukur, sangat berterima kasih karena 38 tahun gereja ini berdiri dan kali ini kami dikunjungi secara istimewa, kami akan membangun kebersamaan yang selama ini kami terus lakukan," ujarnya.

Baca juga: Forkopimda Jatim pantau misa Natal di Surabaya

Pewarta : Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019