Natal momentum umat Kristiani bangun persahabatan, pesan Uskup Kupang

Natal momentum umat Kristiani bangun persahabatan, pesan Uskup Kupang

Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang. (FOTO ANTARA/dok))

Kupang (ANTARA) - Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang mengemukakan perayaan Hari Raya Natal 2019 merupakan momentum penting bagi umat Kristiani untuk membangun persahabatan dengan semua orang.

Pesan itu disampaikan Mgr Petrus Turang melalui Surat Gembala Natal 2019 Uskup Agung Kupang yang dibacakan dalam perayaan misa malam Natal di Gereja Santa Maria Assumpta, Kota Baru, Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa malam.

"Natal menjadi momentum bagi setiap umat Kristiani untuk dipanggil kembali masuk dalam budaya cinta kasih di mana tumbuh kemampuan untuk membangun persahabatan dengan siapa saja," katanya.

Rohaniwan Katolik itu mengatakan, dalam membangun persahabatan umat Kristiani dituntut untuk mampu membuka diri dengan siapa saja termasuk umat beragama lainnya.

Dengan keterbukaan hidup, lanjut dia, umat akan mampu menunjukkan sikap hormat dan saling menghargai dalam pergaulan hidup sehari-hari.

"Kita harus mampu mendobrak sekat-sekat yang mengurung diri, dengan begitu tdak ada rasa cemas, curiga, benci, dan berbagai ironi dalam hidup bersama di tengah masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, dengan persahabatan yang dibangun berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan maka masyarakat akan mampu menjalin kerukunan hidup yang aktif dan dinamis.

Uskup Mgr Petrus Turang mengajak semua umat Kristiani di daerah setempat untuk merayakan Natal dengan perasaan puji syukur serta bersedia membangun persahabatan dengan semua orang.

"Marilah menjalin persahabatan dengan siapa saja. Kita terpanggil untuk mengutamakan kepentingan bersama, bersikap murah hati, menjalin hubungan baik, bersikap hormat dan menghargai keyakinan iman berbeda," katanya.

Perayaan misa malam Natal di Gereja Santa Maria Assumpta Kota Baru yang dipimpin Romo Rudolf T Lake Pr berlangsung meriah melibatkan ribuan umat Kristiani di Kota Kupang.

Perayaan juga berlangsung tertib dan aman dengan dukungan para personel TNI-Polri bersama organisasi kepemudaan lintas agama yang melakukan penjagaan.

Baca juga: Ada paket natal untuk duda-janda di Kupang

Baca juga: Jelang Natal, pusat perbelanjaan di Kupang diserbu pengunjung

Baca juga: Arus balik angkutan Natal ke Kupang lancar
Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019