Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI M. Nasir Djamil menilai mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol. Nana Sudjana adalah sosok yang tepat menjadi Kapolda Metro Jaya.

Melalui siaran pers, Rabu, Nasir menilai Nana adalah polisi yang 'bertangan dingin' dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan semua lapisan.

"Ibu Kota butuh kapolda yang punya pengalaman sebagai pelaku langsung saat reformasi dan pascareformasi. Nana adalah perwira tinggi Polri yang paham bagaimana mengelola keamanan dan ketertiban Jakarta," kata Nasir.

Menurut Nasir, rekam jejak Nana Sudjana yang lama berkecimpung di bidang intelijen keamanan Polri membuat dirinya kurang populer.

"Orang intel itu kerjanya sangat rahasia dan di balik layar. Wajar kalau sebagian ada yang mempertanyakan popularitas Nana Sudjana," ujar politikus PKS itu.

Nana Sudjana tercatat pernah menjadi Kepala Satuan (Kasat) Intelkam, Direktur Intelkam Polda Metro, dan Direktur Politik di Badan Intelkam Mabes Polri.

Baca juga: Dasco: Kapolri tepat pilih Nana Sudjana sebagai Kapolda Metro

Baca juga: Nana Sudjana jabat Wakil Kepala Polda Jabar

Baca juga: Brigjen Pol Nana Sudjana terima Pataka Polda NTB

Baca juga: Densus 88 tangkap enam terduga teroris di NTB


"Ibu Kota butuh orang lapangan yang punya pengalaman untuk mendinginkan situasi. Ibu Kota butuh iklim investasi dan stabilitas ekonomi," katanya.

Nasir pun menyarankan agar Nana segera melakukan konsolidasi organisasi guna melanjutkan reformasi di seluruh bidang dan unit kerja Polda Metro yang telah dilakukan oleh pendahulunya, Irjen Pol. Gatot Eddy.

Sebagai Kapolda Metro Jaya yang baru, Nana diharapkan mampu menunjukkan reputasi dan prestasi dalam mengelola Jakarta.

"Belajar keberhasilan dari para mantan Kapolda Metro terdahulu sangat diharapkan dilakukan oleh Nana Sudjana," katanya.

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis telah menunjuk Irjen Pol. Nana Sujana sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol. Gatot Eddy yang menjadi Wakapolri.

Mutasi tersebut tercantum dalam Surat Telegram Nomor ST/3331/XII/KEP./2019 yang ditandatangani As SDM Kapolri Irjen Pol. Eko Indra Heri.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019