Kakorlantas prediksi kepadatan saat pergantian tahun di Kuta

Kakorlantas prediksi kepadatan saat pergantian tahun di Kuta

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono (depan) meninjau persiapan rekayasa arus lalu lintas jelang malam tahun baru di Pantai Kuta, Bali, Jumat (27/12/2019). ANTARA/HO/Korlantas Polri

Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Istiono memprediksikan akan terjadi kepadatan lalu lintas saat malam pergantian tahun di kawasan Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali, dan sekitarnya.

"Yang sudah kita lakukan adalah mengidentifikasi wisatawan yang menuju ke Bali ini, khususnya Denpasar, ini yang sudah kita pantau sampai hari ini 18 ribu kendaraan wisatawan lokal sudah masuk ke wilayah ini," kata Irjen Pol. Istiono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Istiono menyebutkan jumlah wisatawan lokal itu termasuk wisatawan yang datang menggunakan transportasi udara dari domestik maupun mancanegara.

Baca juga: Kakorlantas: "Car free night" di Pantai Kuta digelar pergantian tahun

Istiono menuturkan akan terjadi kepadatan di objek wisata tersebut, namun polisi telah menyiapkan rencana pengamanan secara optimal.

Di wilayah Bali menurut Istiono akan terjadi kepadatan di kawasan Pantai Kuta, GWK, dan Kota Denpasar saat perayaan malam tahun baru.

Pada ketiga wilayah itu, Istiono menyatakan pihaknya akan menempatkan personel, kantong parkir, dan sarana, serta prasarana penunjang lainnya.

Baca juga: Kakorlantas: Kontrol perusahaan lemah sebabkan kecelakaan bus

"Untuk personel kita terjunkan khusus lalu lintas 400 petugas di Kuta, di Denpasar 350 petugas, dan di GWK 200 petugas, kita sudah siap semua untuk mengantisipasi itu," ujar polisi jenderal bintang dua itu.

Pada ketiga kawasan itu. Istiono menyebutkan petugas akan memberlakukan malam bebas berkendaraan sejak 31 Desember mulai pukul 00.00 WIT dengan tahapan awal penyisiran kendaraan pada jam 14.00 WIT dan penutupan jalan pada 16.00 WIT.

Istiono juga telah memantau persiapan pengamanan malam tahun baru di wilayah Puncak Bogor, jalur Nagreg menuju Sumedang, Batu Malang, dan lainnya.

Baca juga: Kakorlantas: Arus kendaraan pemudik Tol Trans Jawa naik 40 persen

Baca juga: Kakorlantas imbau pemudik penuhi BBM sebelum masuk Tol Trans Sumatera
Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019