Mahfud MD bertahlil di peringatan sepuluh tahun wafatnya Gus Dur

Mahfud MD bertahlil di peringatan sepuluh tahun wafatnya Gus Dur

Poster acara peringatan sepuluh tahun wafatnya Gus Dur di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2019). ANTARA/Abdu Faisal/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menghadiri peringatan sepuluh tahun wafatnya Presiden Keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Ciganjur, jakarta Selatan, Sabtu.

Mahfud ikut bertahlil bersama sejumlah tokoh lain, seperti KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Menteri Agama Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah dan Emil Dardak, serta warga dari berbagai kalangan juga tampak memadati lokasi acara yang juga kediaman keluarga Gus Dur.

Puncak acara yang diadakan pada pukul 19.30 WIB bertempat di kediaman Gus Dur, Ciganjur, Jakarta Selatan.
Baca juga: Radesa selenggarakan lomba dan pameran foto Gus Dur "Sang Maha Guru"

Rembug Budaya merupakan salah satu rangkaian dari Haul Gus Dur yang ditujukan untuk mempertemukan berbagai tokoh agama, masyarakat, dan pemangku kebijakan serta para muda-mudi untuk merumuskan manifestasi pemikiran Gus Dur kepada bangsa dan negara.

Menurut Ketua Panitia Acara Haul Gus Dur, Inayah Wahid, gagasan Haul Gus Dur kali ini mencoba mengangkat sosok Gus Dur dengan kiprah dan sumbangsihnya terhadap budaya.

Hal itu membedakan peringatan Haul Gus Dur kali ini dengan Haul Gus Dur sebelumnya.

"Gagasan dan konsep kebudayaan Gus Dur telah menjadi rujukan penting bagi para pemikir dan pelaku budaya, sehingga menempatkan Gus Dur sebagai seorang advokat budaya karena komitmennya membela kebudayaan yang tersingkirkan," kata putri keempat Gus Dur itu pula.
Baca juga: Barikade Gus Dur Lampung gelar haul ke-10

Inayah mengatakan tema kebudayaan diambil dari kutipan pernyataan Gus Dur yang mengatakan "Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan."

Karena itu, malam puncak haul selain diisi doa bersama dan tausiah, juga ada stand up comedy dan pertunjukan musik dengan bintang tamu di antaranya Erie Suzan, Eny Sagita, Mamat Alkatiri, Akbar, Kartolo, dan Reza Zakaria.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019