Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak 1.969 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas, Jawa Tengah dilantik dan dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Banyumas Achmad Husein.

Saat pelantikan yang digelar di Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin, Wakil Ketua Bidang Bina Satuan Kwartir Daerah Jawa Tengah Agung Suparyoko Rahendrotomo mengatakan kegiatan tersebut sangat spektakuler karena jumlah anggota Pramuka yang dilantik dan dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda mencapai 1.969 orang.

Menurut dia, pelantikan dan pengukuhan Pramuka Garuda yang merupakan tingkatan tertinggi dalam Gerakan Pramuka tersebut merupakan paling banyak di antara Kwarcab se-Jawa Tengah yang telah melakukan kegiatan serupa.

"Banyumas selalu selangkah lebih depan dan menjadi pioner untuk kegiatan Pramuka. Semoga ini akan menjadi contoh baik untuk Kwarcab lain agar target Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah untuk mencetak 50 ribu Pramuka Garuda segera tercapai," katanya.
Baca juga: 1.200 anggota Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas terlibat Pospam KBL

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan 1.969 anggota Pramuka yang dilantik dan dikukuhkan sebagai Pramuka Garuda terdiri atas 756 Pramuka Siaga, 784 Pramuka Penggalang, 23 Pramuka Penegak, dan lima Pramuka Pandega dari berbagai pangkalan di Kwarcab Banyumas.

"Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka. Setelah melalui seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus, baru kemudian ke-1.969 pramuka itu dilantik menjadi Pramuka Garuda," katanya.

Setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda, kata dia, 1.969 anggota Gerakan Pramuka itu diharapkan menjadi teladan untuk lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun tempat tinggal.

Sementara itu, Mabicab Banyumas Achmad Husein mengaku bangga terhadap Kwarcab Pramuka Banyumas yang telah menunjukkan kerja kerasnya dalam membentuk karakter anak bangsa karenaPramuka Garuda ini nantinya akan menjadi pemimpin di masa depan.
Baca juga: Jambore ABK tingkatkan percaya diri siswa

"Setelah dilantik, saya berharap anak-anak dan adik-adikku mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat, dan lingkungannya. Pengucapan janji Tri Satya juga merupakan sumpah bagi peserta didik untuk selalu memegang teguh kode kehormatan Pramukan," kata dia yang juga Bupati Banyumas.

Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan terima kasih kepada orang tua yang mampu menjadi pembina Pramuka di rumah, sehingga proses pendidikan kepramukaan dapat diselenggarakan secara berkelanjutan, tidak hanya di Gugus Depan.

"Dukungan penuh dari orang tua yang dapat mengantarkan putra dan putrinya untuk aktif dalam kepramukaan, dan menjadi Pramuka Garuda," katanya.
Baca juga: Gerakan Pramuka Indonesia dapat penghargaan dari Filipina
Baca juga: Peringatan Hari Pramuka kampanyekan antiplastik sekali pakai

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019