Jakarta (ANTARA) - Mantan Presiden AS Barack Obama kembali merilis daftar favoritnya sepanjang 2019. Setelah membagi judul-judul buku favorit, Obama kini mengungkapkan film dan acara TV favoritnya pada tahun 2019.

Dilansir Variety, Selasa, sebagian besar daftar didominasi oleh film berjenis drama. Namun, Obama juga menyisipkan beberapa film dokumenter seperti "American Factory", "Apollo 11", dan "Amazing Grace," film konser Aretha Franklin tahun 1972 di New Temple Missionary Baptist Church, Los Angeles.

“The Irishman” karya Martin Scorsese juga ikut serta, bersama dengan “Little Women” karya Greta Gerwig dan "Parasite" garapan Bong Joon Ho.

Beberapa film festival favorit lainnya seperti "Atlantics" karya Mati Diop, nominee Palme d'Or Matius "Ash Is Purest White", " Birds of Passage" dan drama sejarah Jerman "Transit" juga muncul dalam daftar.
 

Sementara untuk film komedi, Obama hanya memasukkan film karya Olivia Wilde "Booksmart" dan "The Farewell" karya Lulu Wang.

Film legal/drama yang dibintangi Michael B Jordan dan Jamie Foxx "Just Mercy" juga mengesankan mantan presiden itu, bersama dengan "Marriage Story" karya Noah Baumbach, film garapan Joe Talbot "The Last Black Man in San Francisco" dan "Diane" karya Kent Jones.

Lebih lanjut, film dokudrama "Ford v Ferrari" juga mendapatkan direkomendasikan oleh Obama bersama pemenang Sundance World Cinema Grand Jury, Joanna Hogg melalui film "The Souvenir".

Adapun serial televisi top Obama, yang dia tulis "sama kuatnya dengan film", antara lain "dianggap sekuat film," "Fleabag's", serial HBO "Watchmen", serta miniseri Netflix "Unbelievable" yang dibintangi oleh Toni Collette, Merritt Wever dan Kaitlyn Dever.

Baca juga: Obama ungkap buku-buku favoritnya di tahun 2019

Baca juga: Setelah Netflix, Obama geluti bisnis podcast bersama Spotify

Baca juga: Perusahaan Obama siapkan tayangan Netflix, biopik hingga serial anak


Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019