Pemkab Garut aplikasikan Command Center layanan informasi digital

Pemkab Garut aplikasikan Command Center layanan informasi digital

Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau ruangan Command Center Garut di Pendopo, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019). (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, mulai mengaplikasikan Command Center Garut sebagai pusat pelayanan informasi secara digital yang terkoneksi dengan seluruh kantor kecamatan termasuk desa sehingga memudahkan proses pengawasan dan pelayanan publik.

"Ini kemajuan teknologi untuk memberikan dampak agar bisa mengetahui di Command Center," kata Bupati Garut Rudy usai peluncuran Command Center Garut Aplikasi Layanan Smart City Garut dan Videotron ANTARA Digital di Pendopo Kabupaten Garut, Selasa.

Bupati bersama unsur pimpinan daerah meninjau langsung kantor Command Center Garut yang berada di samping Gedung Pendopo Garut.

Baca juga: ANTARA-Pemkot Singkawang kerja sama pemasangan Videotron

Bupati menyempatkan waktu untuk mengoperasikan peralatan digital dengan tampilan monitor ukuran besar untuk berkomunikasi dengan aparatur pemerintahan di sejumlah daerah di tingkat kecamatan dan desa.

Menurut Bupati, perangkat canggih yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika Garut itu memiliki manfaat untuk mendorong Garut lebih maju dan mengikuti perkembangan teknologi.

"Bagus ini, kita bisa mengontrol dan terkoneksi dengan semua daerah di Garut," katanya.

Ia menambahkan, selain memiliki Command Center Garut bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar itu, kini di Garut juga memiliki Videotron kerja sama dengan ANTARA Digital Media LKBN ANTARA yang dibangun di Simpang Lima, Kecamatan Tarogong Kaler.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada LKBN ANTARA sehingga di Garut memiliki videotron sebagai sarana media informasi yang memberikan manfaat buat masyarakat Garut.

"Masyarakat sekarang bisa melihat informasi di videotron, diharapkan di selatan bisa dibangun videotron," katanya.

Baca juga: Pemkab Jembrana gandeng ANTARA dorong pertumbuhan ekonomi daerah

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Muksin menambahkan, Command Center Garut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar, sedangkan Videotron Antara Digital kerja sama dengan LKBN ANTARA.

Tujuan dari fasilitas itu, kata dia, adalah upaya pemerintah daerah menyediakan fasilitas ruang kendali dan menunjang fungsi pelayanan informasi.

"Videotron wujud kerja sama antara Diskominfo dengan LKBN ANTARA di Jakarta yang digagas sejak 2018," katanya.

CEO Antara Digital Media LKBN ANTARA, Darmadi mengatakan, kerja sama ANTARA dengan pemerintah daerah itu merupakan upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Selain itu, kata dia, ANTARA juga membangun kerja sama dengan pemerintah luar negeri, atau memiliki jaringan dengan semua media nasional dan juga seluruh dunia.

"Salah satunya kami juga membantu pemda mengekspose agar potensi daerah tidak hanya masuk level nasional tapi juga internasional," katanya.

Sementara itu, Bupati Garut tidak hanya melaksanakan kegiatan di Pendopo Garut, tetapi meninjau langsung videotron bersama dengan tim Antara Digital Media di Simpang Lima Garut.

Baca juga: Pemkab Batang-ANTARA kerja sama bidang informasi pelayanan publik
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019