Jakarta (ANTARA) - Film original Netflix garapan sutradara Noah Baumbach "Marriage Story" akan dirilis di bioskop China setelah menjalin kesepakatan antara Netflix dengan distributor film Road Pictures.

Dilansir Deadline, Selasa, alasan utama mengapa China menjadi negara spesial dengan pemutaran film drama tersebut di layar lebar dikarenakan layanan streaming Netflix tidak tersedia di China.

Road Pictures adalah distributor di balik rilis luar negeri China yang ikut memboyong film "Capernaum" dengan raihan 54 juta dolar AS dan "Shoplifters" dengan laba 14 juta dolar di negeri tirai bambu itu.

Namun, tanggal rilis untuk "Marriage Story" di bioskop belum dikonfirmasi secara resmi, dan diharapkan akan tayang setelah perhelatam Academy Awards ke-92 di bulan Februari.

Dibintangi oleh Scarlett Johansson dan Adam Driver, film itu menceritakan tentang kisah pernikahan yang hancur.

Film itu ditayangkan perdana di Venice dan mendapatkan banyak pujian dari kritikus maupun pecinta film secara global.

"Marriage Story" digadang-gadang akan menjadi salah satu kandidat Oscar pada kategori Film Terbaik, mengingat film itu meraih enam nominasi Golden Globes 2020.

Ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Baumbach, "Marriage Story" turut dibintangi Adam Driver, Scarlett Johansson, Laura Dern, Alan Alda, Ray Liotta, Julie Hagerty hingga Merritt Wever.

Baca juga: Adam Driver akan terima penghargaan di Festival Film Palm Springs

Baca juga: Adam Driver "cabut" saat tengah diwawancarai NPR soal "Marriage Story"

Baca juga: Film animasi Netflix "Klaus" ditonton 30 juta akun selama sebulan

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019