hujan deras yang mengguyur Bekasi menyebabkan genangan air di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 24 arah Jakarta setinggi 20 sentimeter di lajur 1 dan 4 sehingga tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan yang hendak menuju Jakarta.
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan kebijakan lawan arus atau contraflow di jalan tol mulai dari Cikarang Barat hingga Cibitung Kilometer 23+800 pada Kamis (2/1/2020) pukul 08.15 WIB untuk mengurai kemacetan arah Jakarta.

"Terjadi kepadatan di ruas Tol Jakarta-Cikampek akibat genangan air di KM (Kilometer) 24 arah Jakarta, atas diskresi kepolisian kami melakukan contraflow," kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru di Bekasi, Jawa Barat, Kamis.

Dwimawan mengatakan hujan deras yang mengguyur Bekasi menyebabkan genangan air di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 24 arah Jakarta setinggi 20 sentimeter di lajur 1 dan 4 sehingga tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan yang hendak menuju Jakarta.

"Hujan intensitas tinggi sejak kemarin ditambah luapan sungai menyebabkan ruas Tol Japek tergenang air dan hingga Kamis pagi ini air masih menggenangi sejumlah titik tol," katanya.

Baca juga: Tol Kebon Jeruk masih digenangi banjir

Pengguna jalan yang melintas dari arah Cikampek menuju Jakarta dialihkan keluar melalui akses keluar Cibitung 2 menuju arah MM2100 atau KM 25.

Menurut dia, dengan kondisi genangan yang cukup tinggi pihaknya mengimbau pengguna jalan agar melanjutkan perjalanan melalui jalan nasional yakni Kalimalang dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol Tambun.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dari arah Cawang dan Halim menuju Jalan Tol JORR karena saat ini GT Cikunir 4 yang mengarah ke Rorotan sudah beroperasi normal sementara yang mengarah ke arah Jatiasih dialihkan melalui GT Kalimalang tanpa transaksi (dengan menunjukan tanda terima GT Cikunir 4 kepada petugas).

Jasa Marga hari ini menutup sejumlah gerbang tol demi keamanan pengguna jalan. Gerbang tol yang ditutup di antaranya GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cibitung 1 dan 2, GT Cikarang Barat 5, GT Cikarang Timur arah Jakarta, GT Cibatu, GT Cikarang Utara arah Jakarta, serta GT Karawang Barat 2 arah Jakarta.

Baca juga: Banjir masih genangi Tangerang, pengendara motor gunakan jalan tol

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman bagi pengguna jalan saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

Selain itu untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga menurunkan dua unit pompa diesel moveable, satu unit pompa submersible dan empat unit pompa portable.(KR-PRA)

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020