Para pelayat berdatangan untuk hormati Yunahar Ilyas di Yogyakarta

Para pelayat berdatangan untuk hormati Yunahar Ilyas di Yogyakarta

Dokumentasi - Ketua Bidang Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yunahar Ilyas menyampaikan maklumat penetapan hasil hisab ramadan, syawal dan zulhijah 1435 H di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Senin (16/6). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pri.

Yogyakarta (ANTARA) - Para pelayat terus berdatangan untuk memberi penghormatan terakhir kepada mendiang Ketua Bidang Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yunahar Ilyas yang jenzahnya disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah di Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Jumat.

Pada pukul 08.30 WIB para pelayat yang sebagian besar merupakan warga Muhammadiyah berdatangan silih berganti dan mengantre untuk melakukan shalat jenazah di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta.

Tampak sejumlah tokoh Muhammadiyah, seperti Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Bidang Hukum, HAM, dan Kebijakan Publik PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas, serta Ketua Bidang Wakaf PP Muhammadiyah Goodwill Zubir.

"Jadi sekarang disemayamkan di PP Muhammadiyah untuk memberi kesempatan masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah yang ingin takziah dan menyalatkan beliau," kata Goodwill Zubir.

Baca juga: Waketum MUI Yunahar meninggal

Ia mengatakan jenazah Yunahar yang juga Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu, disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah hingga pukul 10.00 WIB.

 

Setelah itu, jenazah akan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta untuk dishalatkan. Setelah Shalat Jumat, jenazah akan diberangkatkan menuju Pemakaman Muslim Karangkajen, Yogyakarta.

"Keputusan untuk menyemayamkan beliau di sini (Kantor PP Muhammadiyah, red.) dan dimakamkan di Karangkajen sesuai dengan kesepakatan keluarga," kata dia.

Yunahar yang merupakan Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) meninggal dunia di RS Sarjito Yogyakarta, Kamis (2/1), pukul 23.47 WIB.

Baca juga: Wakil Ketua Umum MUI Yunahar Ilyas dikenal sebagai sosok konsisten
Baca juga: Yunahar Ilyas berdedikasi sangat tinggi terhadap dakwah Islam


 
Pewarta : Luqman Hakim
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020