Jakarta (ANTARA) - Dua tim yaitu Kanada dan Belgia mencetak kemenangan mutlak 3-0 atas lawan mereka masing-masing pada hari pertama pertandingan ATP Cup 2020 di Australia.

Kanada unggul di Grup F setelah menang telak 3-0 atas Yunani, melalui kemenangan Felix Auger-Aliassime atas Michail Pervolarakis dengan dua set langsung 6-1, 6-3.

Kemenangan kedua dicetak Denis Shapovalov atas juara ATP Finals 2019 Stefanos Tsitsipas dengan skor 6-7(6), 6-7(4), disusul kemenangan ketiga dari sektor ganda Felix Auger/Shapovalov vs Pervolarakis/Tsitsipas dengan skor 2-6, 3-6.

"Selalu membanggakan menjadi bagian dari tim dengan perasaan yang menyenangkan. Ini momen yang langka di tingkat tur dapat bertanding bersama. Jadi ya, saya sangat sangat senang dengan hasil hari ini," kata Shapovalov dilansir atptour.com, Jumat.

Baca juga: Belgia dan Kanada awali ATP Cup dengan kantongi kemenangan

Saat ditanyai soal kemenangannya atas Tsitsipas, ia menuturkan bahwa pertandingan itu menjadi salah satu kemenangan terbesarnya di tingkat tenis profesional.

"Jelas ia sudah memiliki akhir musim (2019) yang tak bisa dipercaya dan dia salah satu petenis top dunia saat ini. Bisa mengalahkan orang seperti dia di pertandingan pertama musim ini tentu sangat istimewa bagi saya," pungkas Shapovalov.

Selain Kanada, Belgia juga menjadi tim yang mencetak hatrick di hari pertama ATP Cup atas lawannya Moldova.

Setelah Steve Darcis mencetak poin pertama bagi Belgia di babak penyisihan Grup C usai mengalahkan Alexander Corbinov dengan skor 6-4, 6-7(4), 7-5, Belgia kembali mencatatkan dua kemenangan berturut-turut.

David Goffin menjadi eksekutor kedua Belgia yang unggul atas Radu Albot melalui dua set langsung 6-4, 6-1, dan ditutup dengan kemenangan di sektor ganda oleh Sander Gille/Joran Vliegen melawan Radu Albot/Alexander Cozbinov dengan skor 6-7(5), 7-6(4), 11-9.

"Tadi itu adalah pertandingan yang cukup sulit. Pertandingan pertama dari sebuah turnamen selalu sulit. Saya tadinya tidak berharap banyak, tapi Alex juga bermain secara hebat dalam pertandingan besar pertamanya. Tentu saja jika kita punya tim atau penonton yang mendukung bisa menjadi penyemangatmu. Kita bisa bertarung sampai penghabisan," tutur Goffin yang menjadi Kapten Tim Belgia ini.

Baca juga: Tim tenis Kroasia piknik ke Pantai Tamarama jelang ATP Cup

Baca juga: Tsitsipas bidik tembus tiga besar musim depan

Baca juga: Djokovic tunjukkan sisi lain dengan melihat Koala

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020