Humaniora sepekan, kisah banjir dan pesawat nirawak "Elang Hitam"

Humaniora sepekan, kisah banjir dan pesawat nirawak

Seorang wanita dibantu empat warga lainnya mengevakuasi motor saat banjir di Jalan Teluk Gong, Penjagalan, Jakarta Utara, Jumat (3/1/2020). ANTARA/Livia Kristianti/am.

Jakarta (ANTARA) - Dalam sepekan, terdapat beberapa berita humaniora yang menarik perhatian pembaca. Berita banjir masih menjadi primadona pembaca dengan berbagai sisi banjir dikupas seperti apa saja kisah di balik banjir yang melanda beberapa daerah di Jabodetabek.

Tidak hanya banjir, terdapat juga berita lain yang menarik seperti peluncuran pesawat nirawak "Elang Hitam" dan wisata di taman nasional Baluran.

Kisah di balik bencana banjir di Ciledug

Banjir memang sudah surut di beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya, tapi peristiwa itu menyimpan kisah dari para korban dan orang-orang yang membantu mereka melakukan evakuasi.

Salah satu kisah itu dituturkan dari Ciledug, Banten saat para pemuda rela menyelam dan berenang untuk menolong warga lansia.

Kisah lengkapnya bisa dilihat di sini

ANRI sedia layanan gratis restorasi arsip keluarga bagi korban banjir

Banjir yang melanda beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya membuat banyak orang tidak berhasil menyelamatkan arsip-arsip serta dokumen berharga mereka seperti akta kelahiran dan kartu keluarga.

Untuk itu, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyediakan layanan untuk merestorasi arsip keluarga yang rusak akibat banjir.

Simak beritanya di tautan berikut

Pesawat udara nirawak "Elang Hitam" diluncurkan

Dalam pekan ini, Indonesia berhasil meluncurkan drone atau pesawat nirawak yang mampu terbang selama lebih dari 24 jam yang dinamai "Elang Hitam".

Untuk tahu lebih lanjut soal "Elang Hitam" bisa dibaca di sini

Wisata di taman nasional Baluran

Bagi yang ingin berwisata mungkin bisa mempertimbangkan untuk menikmati keindahan Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur. TN Baluran juga menawarkan beberapa destinasi seperti pantai, hutan mangrove dan savana.

Foto-foto keindahan TN Baluran bisa dilihat di sini

Baca juga: Humaniora kemarin, dari jumlah korban banjir hingga 11 desa terisolir
Baca juga: Humaniora kemarin, cerita korban banjir hingga jasa restorasi arsip
Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020