Jakarta (ANTARA) - Pebalap asal Chile Giovanni Enrico sukses menjadi yang tercepat untuk meraih kemenangan perdananya di kategori quad bike Reli Dakar etape III yang menempuh rute start dan finis di Neom, Arab Saudi, Selasa.

Enrico menyelesaikan balapan sejauh 504 km itu dengan catatan waktu 4 jam 30 menit 52 detik, mengalahkan pemenang di dua etape sebelumnya Ignasio Casale yang merosot di posisi tiga dengan selisih waktu 4 menit 32 detik, demikian catatan resmi Dakar.

Simon Vitse dari Prancis membawa motor Yamaha roda empatnya finis kedua seusai menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 4 jam 31 menit 53 detik.

Baca juga: Carlos Sainz ambil alih pimpinan etape III Reli Dakar 2020

Ignasio Casale yang sempat menjadi pebalap SSV pada 2019 itu sebetulnya memimpin hingga 100 km awal atau terpaut 43 detik dari pemenang pertama.

Namun Enrico juga tak mau kalah dan langsung tancap gas guna bisa menyusul rekan senegeranya itu. Hingga memasuki kilometer 200, Enrico bisa memperkecil jarak menjadi 22 detik di belakang Casale.

Enrico semakin tak terbendung dan menempel ketat hingga pada akhirnya berhasil mendahului Casale setelah 325 km.

Sementara pebalap asal Polandia Rafal Sonik yang menjadi runner up di dua etape sebelumnya, harus puas berada di urutan keempat dengan mencatatkan waktu 4 jam 34 menit 21 detik.

Baca juga: Ricky Brabec melesat di etape III di saat rival terkendala navigasi

Meski sempat berada di tiga besar hingga 250 km pertama, Sonik justru tertinggal setelahnya. Ia mengaku landskap balapan yang indah membuat dia tak bisa fokus mengendarai kendaraannya.

"Sulit untuk fokus mengendarai (kendaraan) ketika Anda berada di lanskap yang sangat indah," katanya.

Hingga etape III, Casale masih memimpin di puncak klasemen sementara dengan unggul 14 menit 29 detik dari Sonik dan 19 menit 39 detik dari Enrico

Selanjutnya, etape IV akan menempuh rute Neom menuju Al Ula dengan medan spesial sepanjang 453 km.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020