Jakarta (ANTARA) - Ignacio Casale meneruskan dominasinya di kategori quad bike dengan meraih kemenangan ketiganya di Reli Dakar 2020 dengan menjuarai etape IV yang menempuh rute Neom menuju Al Ula, Arab Saudi, Rabu.

Pebalap Chile itu memenangi rute sejauh 672km dengan catatan waktu lima jam 22 menit 42 detik, selisih satu menit 24 detik dari pemenang etape III Giovanni Enrico, dan tiga menit 22 detik dari pebalap Prancis Simon Vitse, demikian catatan resmi Dakar.

Pada balapan hari ini, juara dua kali Dakar pada 2014 dan 2018 itu tak menemui tantangan yang berarti meski 453km Spesial Stage (SS) kali ini merupakan rute penuh bebatuan.

Baca juga: Sunderland dijatuhi penalti, gelar etape IV pindah ke tangan Cornejo

Baca juga: Debutan Alonso akan nikmati petualangan Reli Dakar


Sementara Enrico telah cukup menunjukkan kemampuannya melewati rute yang sulit itu. Ia hanya terpaut 34 detik di belakang Casale di 108km pertama.

Meski terus berupaya menempel ketat Casale, Enrico tak kunjung mampu menyusul Casale sebab pebalap Chile itu sudah berjalan jauh dan memperlebar selisih waktu menjadi 3 menit 9 detik.

Sementara itu, pebalap Prancis Vitse hanya terpaut beberapa detik saja Casale saat balapan mencapai kilometer 346.

Namun Casale semakin melesat menjelang akhir rute Spesial Stage untuk merebut kemenangan ketiganya dari empat etape yang telah berlangsung.

"Ini adalah hari yang luar biasa bagi saya apabila ada medan campuran terutama banyak bebatuan. Saya mendapati beberapa rintangan di 70km terakhir. Saya berhati-hati dan konsisten setiap harinya," kata Casale.

Atas hasil tersebut, Casale semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan unggul 21 menit 3 detik dari Enrico dan 30 menit 50 detik dari Vitse.

Baca juga: Hasil Etape III Dakar 2020: Brabec dan Sainz ubah peta persaingan

Baca juga: Reli Dakar akan jadi tantangan terbesar bagi Fernando Alonso

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020