Surabaya (ANTARA) - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Surabaya berharap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini merayakan HUT ke-47 bisa konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Saya berharap di usianya yang ke-47 tahun, PDIP lebih menguatkan peran dan fungsinya dalam mengagregasi kepentingan rakyat melalui jalur politik," kata Ketua PCNU Kota Surabaya Ahmad Muhibbin Zuhri, di Surabaya, Kamis.

Muhibbin berharap, PDIP bisa terus melahirkan gagasan dan inovasi untuk memajukan daerah dan Indonesia. Dalam konteks politik kekuasaan, dia berharap PDIP tetap kritis meski kini sedang memimpin pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun Kota Surabaya.

Selain itu, ia juga berpesan agar PDIP konsisten membangun sinergi dengan berbagai kekuatan politik dan juga organisasi kemasyarakatan untuk memperkuat pemerintahan yang demokratis dan pro-rakyat.

"Saya bergembira jika PDIP tetap memperkokoh jati diri dan komitmennya mewujudkan sistem sosial dan kepemimpinan yang nasionalis-religius. Selamat ulang tahun ke-47 PDI Perjuangan. Merdeka," katanya.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Kota Surabaya Mahsun Jayadi berharap, PDIP terus berkomitmen membela umat dan anak bangsa tanpa membedakan suku, ras, dan agama. Selain itu, PDIP juga diharapkan menguatkan egalitarianisme.

"Sebagai partai yang besar di Indonesia termasuk di Surabaya, PDIP harus terus memberikan teladan berdemokrasi yang bersih dan elegan," katanya.

Mahsun Jayadi juga berharap PDIP tetap menjadi partainya wong cilik. "Jangan sampai menjadi elitis. PDIP harus menjadi partai untuk semua. Selamat ulang tahun ke-47 untuk PDIP," katanya.

Baca juga: HUT dan Rakernas I PDIP tampilkan pameran bangun Indonesia berdikari

Baca juga: Hasto tinjau lokasi penyelenggaraan HUT dan Rakernas I PDIP

Baca juga: Presiden Jokowi hingga para ahli akan hadiri HUT PDIP

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020