ACT Sumsel fokus upayakan bantuan logistik banjir Lahat

ACT Sumsel fokus upayakan bantuan logistik banjir Lahat

ACT menyalurkan bantuan logistik pada korban banjir di Kabupaten Lahat, Sumsel, Jumat (10/1/2020). ANTARA/HO-ACT-Aziz Munajar/pri.

Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan fokus mengupayakan bantuan logistik di Kabupaten Lahat pasca bencana banjir yang melanda dua pekan terakhir.

Head Of Marketing ACT Sumsel, Diwadia, Jumat, mengatakan bantuan yang telah disalurkan berupa paket sembako, kasur lipat, susu formula, obat-obatan dan perlengkapan sekolah untuk anak-anak.

"Saat ini kami telah membuka posko di Jalan Veteran, Bandar Agung, Kabupaten Lahat, dengan 10 orang relawan. Insyallah kami kirim lagi relawan dari Kota Palembang untuk membantu relawan di Lahat," ujar Diwadia di Palembang.

Pasca banjir bandang pada Kamis (9/1), setidaknya beberapa desa di empat kecamatan dilanda banjir dan memaksa 324 jiwa mengungsi karena banjir menghancurkan 56 rumah hingga rusak parah.

Baca juga: Gubernur Sumsel perintahkan BPBD turun ke lokasi banjir Lahat

Baca juga: Banjir bandang terjang Lahat-Sumsel, 12 rumah hanyut


Baca juga: Korban longsor dan banjir di Lahat-Sumsel dievakuasi TNI

ACT sudah berada di lokasi sejak banjir mulai melanda dan akan tetap bersama para korban selama masa pemulihan hingga kondisi dinyatakan pulih sepenuhnya.

Selain logistik dan relawan, ACT Sumsel juga mengirim perahu karet lengkap dengan pelampung dan dayung untuk menambah kekuatan evakuasi jika banjir kembali melanda. BMKG menyebutkan Kabupaten Lahat masih berpotensi dilanda banjir serta longsor.

"Armada kemanusiaan yang ada ini membutuhkan dukungan dari seluruh elemen melalui gerakan Indonesia Dermawan," kata Diwadia.

Melalui gerakan Indonesia Dermawan, kata dia, ACT mengajak masyarakat berkolaborasi memberikan segala bentuk bantuan yang bisa diberikan, baik melalui donasi maupun kerja sama kelembagaan atau komunitas.

Melalui program #BersamaAtasiBencana, para dermawan dapat berdonasi langsung lewat tautan bit.ly/donasi_ACTSumsel atau ke nomor rekening BNI Syariah (66 0000 5505), lalu konfirmasi ke sambungan 081369007979 (whatsapp).*

Baca juga: ACT Sumsel salurkan berbagai bantuan korban banjir Lahat

Baca juga: Jembatan putus, tujuh rumah hanyut akibat luapan air sungai di Lahat
Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020