Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin kenalkan beberapa potensi ekonomi yang dimiliki Kabupaten Trenggalek kepada Konjen Jepang, Tani Masaki, Rabu (22/1/2020).

Potensi utama yang dikenalkan oleh pemimpin muda ini, kepada pejabat Negeri Sakura tersebut adalah potensi perikanannya, pariwisata dan infrastruktur pendukungnya.

Potensi perikanan di Kabupaten Trenggalek, terkenal cukup luar biasa, apa lagi di sektor ini didukung Teluk Prigi yang mampu melindungi area laut di sisi Selatan Trenggalek, sehingga ombaknya cukup bersahabat untuk wisatawan dan pelayaran laut.

Konjen Jepang, Tani Masaki saat berkunjung ke Trenggalek menyatakan, "ini pertama kalinya saya berkunjung ke Trenggalek dan ternyata Trenggalek memiliki banyak potensi di bidang perikanan maupun pertanian," tuturnya.

Tentunya saya akan menyebarkan informasi ini kepada beberapa perusahaan Jepang, imbuhnya.

Tani Masaki sendiri melihat potensi perikanan Trenggalek berpeluang besar untuk dikerjasamakan dengan Jepang.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang tampak mendampingi Tani Masaki selama berkunjung ke Trenggalek menyatakan senang dengan dukungan Perwakilan Pemerintah Jepang melalui konjen-nya di Surabaya itu.

"Mungkin bisa tidak bila ada perusahaan di sini dan langsung dikirim lewat laut dan sekarang kita tunjukkan posisi pelabuhan dan jalan daratnya seperti apa, kemudian jarak tempuh ke kota besar seperti Surabaya dan sebagainya.

Kemarin kita juga berdiskusi mengenai Perpres 80, kalau bisa nanti ada jalan tol yang menghubungkan antara bandara dan juga pelabuhan.

"Kami tadi beritahu mengenai potensi udang, kepiting bakau terus perikanan tangkap dan budidaya. Baik budidaya darat maupun budidaya laut dan juga kita tunjukkan potensi ikan-ikan karang seperti kerapu maupun jenis ikan lainnya," kata dia.

Arifin menambahkan, pemerintah mengajak kerjasamanya dengan investor, agar investornya merasa mudah, aman dan nyaman di sini.

Salah satunya dengan paket kebijakan investasi, dikelola bareng barang milik daerah, kami kerjasamakan dengan pihak swasta, kami beri keringanan pajak daerah serta bila mereka bisa berbagi skill dengan penduduk lokal kami bisa tambahkan keringanan pajak dan yang lainnya," kata dia.

Ini tadi yang dikomunikasikan kepada beliau dan dokumen detail akan segera dikirim sebagai bahan beliau untuk mengkomunikasikan dengan para investor dari Jepang, ataa saya sebagai bupati atau pemerintah provinsi bisa paparan bersama, tutup orang nomor satu di Trenggalek ini. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020