Gandeng kitabisa.com, ACT wujudkan pembangunan masjid mualaf di Makula

Gandeng kitabisa.com, ACT wujudkan pembangunan masjid mualaf di Makula

Peresmian pembangunan masjid pertama di Kampung Mualaf Makula Kabupaten Pinrang, Sulsel yang dihadiri surelawan ACT, Asisten 1 Pemkab Pinrang, Kapolsek Lembang, Camat Lembang, Babinsa, imam, pemuka agama, tokoh adat setempat di Kampung Makula Kecamatan Lembang Pinrang, Minggu (26/01/2020). (FOTO ANTARA/HO-Humas ACT Sulsel)

Makassar (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan bekerja sama kitabisa.com berhasil merealisasikan pembangunan masjid pertama di Kampung Mualaf Makula, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Regional Head ACT Indonesia Timur, Syahrul Mubaraq di Makassar, Senin menjelaskan bahwa Masjid Mualaf Makula di Pinrang secara resmi dibuka setelah melewati tahapan proses pembangunan yang cukup panjang hingga diresmikan pada Ahad (26/1).

Ia menjelaskan masjid yang diberi nama Masjid Darussalam tersebut dibangun dari dana melalui "campaign crowfunding" kitabisa.com bekerja sama dengan ACT.

Proses pengerjaannya dilakukan secara swadaya oleh warga setempat dibantu puluhan sukarelawan ACT yang bergantian datang ke perkampungan yang berada di pelosok dan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

"Terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah atas dukungannya kepada kerja-kerja kesukarelawanan ACT MRI Sulsel," katanya.

Syahrul juga menegaskan komitmen ACT dalam membantu dalam kebersamaan umat, khususnya para warga Makula yang memang secara keislaman masih sangat butuh arahan dan bimbingan.

Satu tahun terakhir, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) ACT terus melakukan pendampingan terhadap puluhan warga di Kampung Mualaf Makula.

Warga Makula dibimbing untuk bisa melaksanakan ibadah secara sempurna sebagai umat Muslim seperti, belajar wudhu, belajar tata cara dan membiasakan shalat, hingga membaca Al Quran.

"Ini adalah bentuk-bentuk pendidikan yang secara kontinyu dilakukan oleh para sukarelawan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan," kata Syahrul Mubaraq.

Peresmian Masjid Darussalam Kampung Makula Pinrang ini dihadiri pula oleh Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Pinrang H Aswadi Haruna, Kapolsek Lembang, Camat Lembang, babinsa, imam, pemuka agama, tokoh adat setempat, dan ratusan sukarelawan dari berbagai daerah di Sulawesi selatan.

Mewakili Bupati Pinrang Irwan Hamid, ia menyampaikan terima kasih kepada ACT MRI Sulsel atas kerja-kerja keummatan yang dilakukan.

"Kita berharap bahwa setelah pembangunan, setiap warga berlomba-lomba untuk memakmurkan masjid," demikian  Aswadi Haruna.

Baca juga: ACT merajut asa mualaf Sulsel hingga ke pelosok

Baca juga: ACT Sulsel akan bagikan daging kurban di kampung mualaf Makula

Baca juga: Global Zakat ACT segera salurkan dana zakat kepada mualaf di Sulsel

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020