Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (28/1/2020) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo yang menargetkan tingkat inklusi keuangan dapat meningkat menjadi 90 persen pada 2024, hingga PT Krakatau Steel (Persero) yang menyelesaikan restrukturisasi utang senilai dua miliar dolar AS atau sekitar Rp30 triliun.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pemerintah targetkan tingkat inklusi keuangan tembus 90 persen di 2024

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan tingkat inklusi keuangan Indonesia yang saat ini sebesar 76,19 persen dapat meningkat menjadi 90 persen pada 2023-2024.

Airlangga Hartarto, usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, mengatakan beberapa upaya pemerintah untuk mencapai tingkat inklusi keuangan itu adalah dengan mengintegrasikan kebijakan bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dengan program yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BI, seperti Bank Wakaf Mikro.

Baca selengkapnya di sini


2. Ketakutan virus corona, emas naik 5,50 dolar ke tertinggi tiga minggu

Emas naik ke level tertinggi hampir tiga minggu pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena meningkatnya ketakutan atas kejatuhan ekonomi dari wabah virus corona yang membuat investor bergegas mencari aset-aset safe-haven seperti emas.

Kontrak emas berjangka paling aktif untuk pengiriman Februari di bursa Comex naik 5,50 dolar atau 0,35 persen, menjadi menetap di 1.577,40 dolar per ounce. Emas berjangka AS naik 6,50 dolar AS atau 0,40 persen menjadi 1.571,90 dolar AS per ounce pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Baca selengkapnya di sini


3. Menteri PUPR: Revitalisasi Monas harus melalui sayembara desain

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa desain revitalisasi Monumen Nasional (Monas) harus melalui sayembara agar hasilnya dapat lebih baik dari sebelumnya.

"Kalau yang namanya revitalisasi harus lebih baik, dan itu ada desain hasil sayembara," ujar Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


4. Sri Mulyani waspadai dampak virus Corona ke perekonomian RI

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai dampak dari virus Corona yang sedang mewabah di beberapa negara karena memiliki potensi untuk berdampak terhadap perekonomian Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah berkaca dengan wabah virus SARS pada 2003 yang selain mempengaruhi perekonomian China sepanjang kuartal I dan II namun akhirnya India juga terimbas cukup dalam.

Baca selengkapnya di sini


5. Erick Thohir: Utang KS yang terestrukturisasi Rp30 triliun

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan utang Krakatau Steel yang terestrukturisasi sebesar 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp30 triliun.

"Kita fokus hari ini dulu bahwa pada hari ini konkrit sudah terestrukturisasi utang sebesar 2 miliar dolar AS yang kurang lebih sekitar Rp30 triliun," ujar Erick Thohir di Jakarta, Selasa

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020