Sabtu pagi Pintu Air Manggarai masih normal

Sabtu pagi Pintu Air Manggarai masih normal

Petugas Dinas Kebersihan DKI Jakarta dengan menggunakan alat berat membersihkan sampah di pintu air Manggarai, Jakarta. ANTARA FOTO/Reno Esnir/pras.

Jakarta (ANTARA) - Situasi di Pintu Air Manggarai hingga pukul 06.29 WIB berstatus normal atau siaga empat dengan ketinggian muka air mencapai 625 sentimeter (cm), menyusul hujan yang mengguyur Ibu Kota Jakarta sejak Sabtu dini hari.

Dikutip dari laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dan akun twitter pada pukul 06.00 WIB, disebutkan, pintu air Manggarai yang dialiri Sungai Ciliwung ini berstatus normal atau siaga empat, dengan ketinggian muka air di bawah 750 cm.

BPBD melalui akun twitternya menyebutkan tidak ada pintu air di wilayah DKI Jakarta yang berstatus awas atau siaga 1, dan siaga 2 (siaga).

Baca juga: Musim banjir, pemulung Pintu Air Manggarai dapat penghasilan lebih

Baca juga: Petugas Pintu Air Manggarai kerap dapat kiriman 'online'

Baca juga: Pintu Air Manggarai juga jadi tempat mancing ikan gratis


Hanya ada satu pintu yang berstatus waspada atau siaga 3 yakni Pintu Air Pasar Ikan dengan ketinggian 197 cm dengan kondisi cuaca gerimis.

BPBD merincikan ketinggian muka air di sejumlah pintu air wilayah Jabodetabek yang berstatus normal yakni Katulampa tercatat 10 cm (normal/siaga 4) , Depok 100 cm (normal/siaga 4), Karet 340 cm (normal/siaga 4), Krukut Hulu 30 cm (normal/siaga 4), Pesanggrahan 90 cm (normal/siaga 4), Angke Hulu 55 cm (normal/siaga 4), Waduk Pluit kurang dari 170 cm (normal/siaga 4).

Selanjutnya, Cipinang Hulu 105 cm (normal/siaga 4), Sunter Hulu 60 cm (normal/siaga 4) dan Pulo Gadung 430 cm (normal/siaga 4).

Meski ketinggian air terpantau normal, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada pagi menjelang siang dan dini hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada pagi menjelang siang dan dini hari," demikian peringatan dini yang dirilis BMKG melalui www.bmkg.go.id.

BMKG juga memperkirakan hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi pada pukul 06.50 WIB akan berlangsung hingga pukul 08.00 WIB.
 
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020