Kasus kecelakaan melibatkan sepeda motor membuat pengemudi meninggal
Jakarta (ANTARA) - Tercatat dua peristiwa kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor maupun roda empat terjadi di wilayah DKI Jakarta pada Sabtu pagi awal bulan Februari 2020.

Berdasarkan pantauan melalui twitter Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi di dua lokasi berbeda, yakni Slipi Jaya Jakarta Barat dan Cilincing Jakarta Utara.

Peristiwa kecelakaan pertama dilaporkan terjadi pukul 04.32 WIB melibatkan kendaraan Mitsubishi Xpander dengan nomor polisi BE 1636 GE terjadi di depan Slipi Jaya Jalan S Parman, Jakarta Barat.

Dalam gambar yang diunggah twitter Polda Metro Jaya menampilkan kendaraan berplat asal Lampung tersebut tengah diderek oleh mobil derek dari Polda Metro Jaya.

Kecelakaan berikutnya terjadi di Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara tepatnya depan Bogasari.

Peristiwa kecelakaan dilaporkan pukul 05.38 WIB melibatkan pemotor dengan nomor polisi B 3020 SJU.

"Korban tutup usia dan masih dalam penanganan Polri," kata akun Twitter Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya juga mengimbau  pengendara kendaraan bermotor untuk berhati-hati selama berkendaraan terutama Sabtu ini yang sedang diguyur hujan.

Baca juga: Titik rawan kecelakaan Pagelarang dipasang pengaman bantuan swasta

Baca juga: Tiga kendaraan dan satu gardu tol rusak dalam kecelakaan di Tol Halim

Baca juga: Tiga orang terluka dalam tabrakan di beruntun di Antasari


Faktor cuaca yang tidak mendukung menyebabkan jalan rusak, tergenang dan licin. Agar lebih aman dan nyaman berkendaraan dapat memperhatikan hal-hal berikut ini :

Yakni, memeriksa lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik, lampu bermanfaat membantu pengendara melihat jarak pandang yang terbatas saat hujan.

Menyalahkan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik dapat memudahkan pengendara lain untuk melihat kendaraan lainnya.

Memeriksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin. Karena kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik dapat menghindari kendaraan melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) saat hujan.

Tidak menggunakan ban yang sudah tipis, periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan seperti kemudi, pedal rem, gas, maupun kopling dalam kondisi baik.

Ketika hujan pengguna kendaraan sebaiknya menggunakan alas kaki yang tidak licin. Mengurangi kecepatan pada saat hujan, menjaga jarak aman selama berkendaraan dan jangan sembarangan menerobos genangan air yang tidak diketahui kedalamannya.



 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020