Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi istrinya, Wury Estu Handayani, pada Senin pagi, melawat ke kediaman pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH. Salahuddin Wahid, yang meninggal dunia di Jakarta, Minggu malam (2/2).

Usai menjalankan ibadah Salat Subuh, Wapres bertolak dari kediaman dinasnya dan tiba rumah duka pukul 05.20 WIB. Wapres Ma’ruf juga sempat memimpin rangkaian shalat jenazah bagi Gus Solah.

Wapres Ma’ruf mengenang tokoh nasional yang akrab disapa Gus Solah itu sebagai sosok yang banyak mengabdikan dirinya bagi kepentingan dan pembangunan negara.

“Beliau ini sangat baik dan saya sangat dekat. Beliau itu orang yang banyak mengabdikan diri di dalam masalah kenegaraan, kemudian juga masalah keagamaan,” kata Wapres Ma’ruf dalam keterangan resmi dari Asdep Komunikasi dan Informasi Setwapres kepada Antara di Jakarta, Senin.


Baca juga: Presiden sampaikan duka atas wafatnya Gus Sholah

Selama memimpin dan mengasuh Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Gus Solah berhasil mengembangkan sekolah berbasis agama Islam tersebut dengan baik, kata Wapres Ma’ruf yang juga alumnus dari Tebuireng.

“Yang pasti, ketika beliau memimpin Pesantren Tebuireng, Pesantren itu menjadi maju, berkembang dan banyak perubahan besar. Selain menambah jumlah pesantrennya, jumlah santribya, juga kemajuan-kemajuan dengan dibangunnya pesantren sains. Ini luar biasa,” tambahnya.

Gus Solah wafat dalam perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Minggu malam pukul 20.59 WIB. Dia merupakan cucu dari pahlawan nasional Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari dan juga adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dijadwalkan jenazah Gus Solah akan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin siang.

Sebelumnya, Gus Solah dirawat karena menderita penyakit jantung dan sempat menjalani tindakan medis ablasi. Usai operasi, Gus Solah diperbolehkan pulang. Namun, beberapa hari kemudian Gus Solah mengalami lemas dan kembali dirawat di RS Harapan Kita Jakarta sejak 31 Januari 2020.

Rencananya, Presiden Joko Widodo juga melayat di kediaman duka pukul 07.30 WIB sebelum jenazah diterbangkan ke Jombang.

Baca juga: Gus Solah apresiasi kebijakan Mahad Aly di pesantren

Baca juga: Bertemu Wapres, Ulama Jatim siap jaga kepemimpinan Ma'ruf Amin

Baca juga: PBNU berdoa untuk kesembuhan Gus Sholah


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020