Ketua MPR dukung Dekopin arusutamakan koperasi

Ketua MPR dukung Dekopin arusutamakan koperasi

Ketum Dekopin Nurdin Halid (kanan) tengah berbincang dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat kunjungan rombongan Dekopin ke Gedung MPR RI, Senin

Jakarta (ANTARA) -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan dukungannya kepada Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk mengarusutamakan koperasi dalam perekonomian nasional. Hal ini disampaikan Bambang saat menerima rombongan Pengurus Pusat Dekopin di Gedung MPR RI, Senin.

"Dengan semangat dan asas gotong royong koperasi harus kembali ditumbuh kembangkan kembali, kami akan ikut Mendorong UU Perkoperasian yang sempat tertunda kembali diagendakan pembahasannya di DPR " kata Bambang dalam sambutannya.

Bambang melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk membantu Dekopin mendorong pemerintah untuk memperhatikan permasalahan yang dihadapi oleh koperasi saat ini.

"Saya mendorong pemerintah baik Presiden dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk memperhatikan dan mengarusutamakan perkoperasian dalam perekonomian nasional," tambah politisi dari Partai Golkar ini.

Dalam kunjungannya ke MPR RI, rombongan Dekopin dipimpin Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid yang didampingi oleh Sekjen, para Wakil Ketua Umum, Dewan Pengawas dan Dewan Pakar Dekopin.

Nurdin Halid secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Umum Dekopin periode 2020-2024 pada Munas Dekopin di Makassar, Sulsel, pada 13 November 2019 lalu. Dengan terpilihnya kembali Nurdin Halid sebagai ketum Dekopin periode 2020-2024, mantan ketua PSSI ini telah menjadi ketum Dekopin sebanyak empat kali sejak 1999.

"Perkembangan Koperasi ditengah dinamika perekonomian global masih belum menggembirakan, koperasi belum menjadi pemain utama yang signifikan dalam perekonomian nasional," ucap Nurdin dalam paparannya kepada Ketua MPR RI.

Nurdin menyatakan bahwa pemerintah telah memiliki niat tapi belum punya rencana aksi. "Maka dari itu kami meminta kepada Ketua MPR RI untuk bisa ikut mendorong koperasi sebagai pelaku utama dalam perekonomian nasional sesuai amanat UUD 1945 dan sejalan asas gotong royong di Indonesia." pungkasnya seraya menyerahkan bundel dokumen laporan hasil Munas Dekopin 2019.

Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020