Brazil akan nyatakan status darurat terkait virus corona

Brazil akan nyatakan status darurat terkait virus corona

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom menyalami Presiden China Xi Jinping saat kunjungannya terkait wabah virus corona di Great Hall of the People in Beijing, China, Selasa (28/1/2020). ANTARA FOTO/Naohiko Hatta/Pool via REUTERS/foc.

Brasilia/Sao Paulo (ANTARA) - Brazil akan menyatakan status darurat kesehatan nasional untuk mempersiapkan kepulangan para warganya dari pusat wabah virus corona di China, kata Menteri Kesehatan Luiz Henrique Mandetta, Senin (3/2).

Kementerian Kesehatan akan meminta Kongres untuk memberikan wewenang melakukan karantina terhadap para warga negara Brazil yang kemungkinan tertular virus corona, katanya.

Presiden Jair Bolsonaro pada Minggu (2/2) mengatakan pemerintah akan mengevakuasi semua warga Brazil dari Wuhan di Provinsi Hubei, China, yang ingin pulang ke Tanah Air.

Bolsonaro juga mengatakan mereka yang datang dari Wuhan itu akan dikarantina selama waktu tertentu.

Pada Senin, Mandetta mengatakan ada 40 warga Brazil di Wuhan yang ingin dievakuasi.

Otoritas Brazil sedang mengawasi 500 orang terkait gejala virus corona kendati sejauh ini di negara itu belum ada orang yang dinyatakan positif mengidap virus itu, tambahnya.

Surat keputusan sementara kemungkinan disampaikan ke Kongres pada Senin malam, kata Mandetta.

Dengan surat keputusan serta penetapan status darurat, pemerintah diberi jaminan untuk mendapatkan dana penanganan krisis tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden: Brazil akan evakuasi warga dari Hubei karena virus
Baca juga: China sebut 632 orang sembuh dari virus corona
Pewarta : Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020