Presiden Singapura akan temui Sri Sultan di Yogya

Presiden Singapura akan temui Sri Sultan di Yogya

Presiden RI Joko Widodo saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Singapura Halimah Yacob di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Dalam kesempatan tersebut kedua Kepala Negara membahas peningkatan kerja sama bilateral baik di bidang investasi, SDM, hingga pendidikan. ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/am.

Bogor (ANTARA) - Presiden Singapura Halimah Yacob mengaku akan menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta, Rabu (5/2), dalam rangkaian kunjungan kenegaraannya di Indonesia.

"Singapura tertarik memperkuat kerja sama dengan kota-kota di Indonesia. Dalam hal ini besok saya akan mengunjungi Yogyakarta untuk bertemu Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X," ujar Halimah dalam pernyataan pers bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Halimah menyampaikan di Yogyakarta dirinya juga akan berkunjung ke Universitas Gadjah Mada yang merupakan tempat dimana Presiden RI Jokowi dulu sempat menuntut ilmu.

Baca juga: Presiden Jokowi bahas dua hal besar dengan Presiden Singapura

UGM, menurut Presiden Halimah, memiliki kemitraan yang sedang berjalan dengan sejumlah universitas di Singapura.

Lebih jauh Halimah menekankan, hubungan baik antara Singapura dan berlangsung sudah sangat lama dan bertahan.

Sebagai negara tetangga, Presiden Halimah meyakini Singapura dan Indonesia dapat memanfaatkan peluang serta mengatasi tantangan bersama-sama.

"Dalam kondisi ketidakpastian ekonomi global dan tantangan lain yang kita hadapi saat ini, penting untuk Singapura dan Indonesia bekerja bersama-sama untuk meraih keuntungan bersama bagi rakyat kedua negara," tuturnya menjelaskan.

Pada kesempatan tersebut Presiden RI Joko Widodo menyatakan kepuasannya atas kerja sama yang selama ini telah dijalani Indonesia dengan Singapura.

"Saya sangat puas dengan kemajuan kerja sama kita," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi terima kunjungan Presiden Singapura di Istana Bogor

Presidren menyampaikan kemajuan kerja sama Indonesia-Singapura antara lain ditunjukkan dengan pertama, ditandatanganinya negoisasi perjanjian persetujuan penghindaran pajak berganda.

Kedua, selesainya perundingan dan telah ditandatanganinya kerja sama penegakan hukum kepabeanan antara Ditjen Bea Cukai dengan Singapore Police Coast Guard.

Ketiga, implementasi rising fellowship program berupa pelatihan sejumlah kepala daerah dari Indonesia.

Keempat, telah disepakatinya perpanjangan repurchase agreement pada November 2019 antara Bank Indonesia dengan Monetary Authority of Singapore. Kelima, realisasi dan penguatan kerja sama dalam pelatihan industri 4.0.

"Selain itu kita juga membahas kerja sama di bidang investasi dan pengembangan sumber daya manusia," kata Presiden Jokowi.

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020