PSSI: Seluruh laga Piala Gubernur Jatim disiarkan langsung

PSSI: Seluruh laga Piala Gubernur Jatim disiarkan langsung

Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berfoto bersama perwakilan suporter peserta turnamen Piala Gubernur Jatim di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu (09/02/2020). (ANTARA FOTO/Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Asprov PSSI Jawa Timur memastikan seluruh laga di turnamen Piala Gubernur yang menjadi pertandingan pramusim Liga 1 musim kompetisi 2020 disiarkan langsung oleh salah satu televisi swasta nasional.

"Semua laga disiarkan langsung MNCTV. Ini membuktikan kualitas tim yang terlibat dan gelaran turnamennya sangat istimewa," ujar Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh kepada wartawan di Surabaya, Minggu.

Turnamen Piala Gubernur Jatim 2020 dilaksanakan pada 10-20 Februari dan diikuti oleh delapan tim.

Baca juga: Persebaya lawan Persik jadi pembuka Piala Gubernur Jatim 2020

Teknis pelaksanaannya, delapan tim terbagi di dua grup yang ditempatkan di dua stadion,  yakni Grup A di Stadion Gelora Bangkalan terdiri dari Madura United, Persik Kediri, Persebaya Surabaya, dan Bhayangkara FC.

Sedangkan, Grup B di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang adalah Arema FC, Persela Lamongan, Persija Jakarta, dan Sabah FA.

Format yang digunakan adalah setengah kompetisi dan setiap grup diambil dua tim terbaik untuk lolos ke babak semifinal, kemudian masing-masing pemenang bertemu di partai puncak.

"Persebaya dan Persik Kediri menjadi laga pembuka di Stadion Gelora Bangkalan Madura. Kemudian disusul tuan rumah Madura United melawan Bhayangkara FC," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Jatim harapkan Piala Gubernur jadi momentum pemersatu suporter

Sementara itu, terkait hadiah turnamen, memperebutkan hadiah Rp500 juta. "Memang tidak pernah menyediakan hadiah besar, tapi pesertanya selalu tim-tim elit," kata Sekretaris Asprov PSSI Jatim Amir Burhannudin.

Turnamen ini digelar sejak 2002, namun sempat tidak digelar pada 2011 karena saat itu ada dualisme PSSI, kemudian terhenti pada 2015 karena adanya Piala Presiden, sehingga sudah lebih dari 15 tahun digelar.

"Kami tidak pernah menyediakan hadiah besar, kemudian tim elit di Indonesia dan luar negeri kami undang dan bersedia ikut. Ini menandakan bahwa turnamen ini sangat penting sebagai ajang pramusim dan tidak melihat nilai hadiah," katanya.

Baca juga: Bhayangkara FC boyong seluruh pemain di Piala Gubernur Jatim

Sekretaris Tim Arema FC, Sudarmaji mengatakan timnya tidak terlalu mempermasalahkan nominal hadiah di turnamen Piala Gubernur Jatim 2020.

"Untuk turnamen pramusim, hadiah itu tidak penting. Yang penting di Piala Gubernur ini kami mendapat lawan-lawan berkualitas untuk uji coba," tuturnya.

Baca juga: Arema FC waspadai kekuatan Persija dan Persela di Piala Gubernur Jatim
Baca juga: Persebaya Surabaya belum bicara target di Piala Gubernur Jatim


Terpisah, manajer Persik Kediri Benny Kurniawan mengatakan Persik sangat membutuhkan uji coba yang berkualitas agar bisa membaca kekuatan dan kelemahan di Liga 1 nantinya.

"Kami tim promosi, harus bisa mengukur kekuatan dan kelemahan. Piala Gubernur ini sangat tepat karena semua lawan berkualitas. Jumlah hadiah tidak penting. Bahkan bermain di Bangkalan semua ditanggung panitia yang bagi kami itu sudah sangat cukup," katanya.
Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020