Lumayan dari hasil kopi ini untuk menambah pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari
Mataram (ANTARA) - Kopi Senaru di kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), sudah tembus ke mancanegara, khususnya jenis robusta dan arabika, dengan pasar antara lain Amerika Serikat, Prancis, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia.

"Pembelinya berawal dari pendaki wisman (wisatawan mancanegara) Gunung Rinjani yang kemudian menceritakan ke rekan sesama negaranya sepulang dari Indonesia. Kemudian ketika mereka ke Indonesia membeli secara langsung ke saya," salah seorang petani kopi Dusun Senaru, Nursaat kepada Antara, Senin.

Ada juga, kata dia, pendaki yang pernah ke Indonesia yang meminta bawa oleh-oleh kopi Rinjani kepada rekannya yang tengah melancong ke Senaru. "Saya tidak pernah menjajakan kopi hasil tani saya, tapi selalu saja ada wisman yang datang ," katanya.

Mayoritas pemesan dari mancanegara itu meminati kopi arabika. Harganya untuk arabika jenis biji kopi mentah (green bean) Rp150 ribu per kilogram dan kopi yang sudah dipanggang  Rp200 ribu per kilogram.

"Kopi arabika cepat larisnya, dua bulan pasca-panen langsung ludes," katanya.

Namun pihaknya masih menjual kopi jenis lain.  "Kami juga menjual kopi Robusta seharga Rp75 ribu per 150 gram," katanya.

Penjualan kopi, kata dia, saat ini dapat menjadi usaha sampingan bagi warga Senaru di saat ditutupnya pendakian ke Gunung Rinjani.

"Lumayan dari hasil kopi ini untuk menambah pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari," kata Nursaat yang juga memiliki usaha jasa pendakian ke Gunung Rinjani.

Baca juga: Ganjar Pranowo ditawari buka warung kopi di Paris

Baca juga: Penggemar meningkat, kedai kopi mandiri di London melonjak 700 persen


 

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020