Bunga yang pesanan paling banyak yang pesan orang kantor
Jakarta (ANTARA) - Para pedagang di Pasar Kembang Cikini mengatakan pemesan terbanyak bunga untuk merayakan Valentine di sentra penjualan bunga di kawasan Jakarta Pusat itu didominasi oleh para pegawai kantoran.

"Bunga yang pesanan paling banyak yang pesan orang kantor. Mereka biasanya sudah langganan ke sini," kata Jaja, salah satu pedagang bunga di Pasar Kembang Cikini, Jakarta Pusat, Jumat.

Senada dengan Jaja, pedagang lainnya Regis juga mengatakan hal yang serupa bahwa pembeli bunga di tempatnya didominasi oleh pegawai kantoran.

"Yang sering beli ya orang kantoran, tapi anak sekolah juga ada sih," kata Regis.

Baca juga: Pas hari Valentine, penjualan bunga di Pasar Kembang Cikini meningkat

Pedagang lainnya, Mian Hartanto juga mengatakan bunga yang dipesan jauh-jauh hari untuk merayakan hari kasih sayang itu biasanya dilakukan oleh pegawai kantoran.

"Biasanya pesan empat hari atau seminggu sebelum hari Valentine. Paling banyak ya orang-orang kantor," kata Mian.

Lebih lanjut, selain pegawai kantoran, Mian mengatakan pembeli lainnya yang banyak membeli bunga adalah para pelajar hingga mahasiswa.

"Anak- anak sekolah dan mahasiswa juga banyak yang beli. Biasanya minta dianterin ke sekolah atau kampusnya. Beli banyak, baru nanti dibagi ke masing-masing anak," kata Mian.

Baca juga: Belitung larang perayaan valentine di sekolah

Penjualan bunga di Pasar Kembang Cikini, Jumat ini, dilaporkan meningkat sebanyak tiga kali lipat dari hari biasanya.

Tidak hanya penjualan, harga bunga yang dijual pun rata-rata naik sebanyak dua kali lipat baik yang tangkai maupun yang sudah dirangkai menjadi buket.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020